PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN SANDPAPER LETTERS PADA MURID AUTIS KELAS II DI SLB ARNADYA MAKASSAR

ERNA APRIANTI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN SANDPAPER LETTERS PADA MURID AUTIS KELAS II DI SLB ARNADYA MAKASSAR.

[img] Text
ERNA APRIANTI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ERNA APRIANTI, 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penggunaan Sandpaper Letters pada Murid Autis Kelas II di SLB Arnadya Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menulis permulaan murid autis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Arnadya Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan Sandpaper Letters dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar?” Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kemampuan menulis permulaan pada murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar pada kondisi Sebelum diberikan perlakuan (Baseline 1 (A1)), 2) mengetahui penggunaan Sandpaper Letters untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar pada kondisi Selama diberikan perlakuan (Intervensi (B)), 3) mengetahui kemampuan menulis permulaan pada murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar pada kondisi Setelah diberikan perlakuan (Baseline 2(A2)), 4) mengetahui perbandingan kemampuan menulis permulaan pada murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar Sebelum dan Setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar yang berinisial HW. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini : 1) Kemampuan menulis permulaan subjek (HW) sebelum diberikan perlakuan kategori masih sangat rendah, 2) Penggunaan Sandpaper Letters untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan subjek (HW) selama diberikan perlakuan kategori sangat tinggi, 3) Kemampuan menulis permulaan subjek (HW) setelah diberikan perlakuan kategori tinggi, 4) Perbandingan kemampuan menulis permulaan Subjek (HW) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan peningkatan dari kategori sangat rendah, meningkat menjadi kategori sangat tinggi dan dari kategori sangat tinggi, menurun menjadi kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid menurun, Akan tetapi nilai yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata kunci : Sandpaper Letters, Kemampuan menulis permulaan, Autis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:07
Last Modified: 24 Feb 2022 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22318

Actions (login required)

View Item View Item