PENGGUNAAN FLANNELGRAPH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB MAKASSAR

SYAHRUNI (2022) PENGGUNAAN FLANNELGRAPH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL (i).pdf

Download (39kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (iv).pdf

Download (6kB)
[img] Text
5. MOTO DAN PERUNTUKAN (v).pdf

Download (156kB)
[img] Text
6. ABSTRAK (vi).pdf

Download (155kB)
[img] Text
7. PRAKATA (vii-ix).pdf

Download (14kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI (x-xii).pdf

Download (15kB)
[img] Text
9. DAF GBR, GRAF, TABEL, LAM (xiii-xix).pdf

Download (186kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (215kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (812kB)
[img] Text
14. BAB V & DAPUS.pdf

Download (107kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN 1,2,3.pdf

Download (492kB)
[img] Text
16. Lampiran 4.pdf

Download (131kB)
[img] Text
17. Lampiran 5.pdf

Download (501kB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP (FIX).pdf

Download (160kB)
[img] Text
JURNAL SYAHRUNI.pdf

Download (540kB)

Abstract

SYAHRUNI 2018 Penggunaan Flannelgraph dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Dr. Usman, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca murid tunagrahita ringan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca permulaan di SLBC YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi”. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1 (A1), 2) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B), 3) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 2 (A2), 4) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan flannelgraph berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLBC YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III SLB-C YPPLB Makassar berinisial MF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penggunaan flannelgraph dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan flannelgraph dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:03
Last Modified: 24 Feb 2022 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22317

Actions (login required)

View Item View Item