PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB MAKASSAR

ISMAILYN BINTI MESING (2022) PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
ISMAILYN BINTI MESING_1545040023.pdf

Download (6MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (722kB)

Abstract

ISMAILYN BINTI MESING 2019 Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis,M. Pd dan Dr. Mustafa, M. Si Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya mengenal huruf di SLB-C YPPLB Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan berdasarkan hasil analisis dalam kondisi pada murid tunagreahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar dan Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan berdasarkan hasil analisis antarkondisi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB C-YPPLB Makassar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Gambaran kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar pada kondisi baseline 1 (A1), 2) Pengaruh penerapan media video animasi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar pada kondisi intervensi (B), 3) Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui video animasi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar pada fase baseline 2 (A2), 4) Gambaran kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penggunaan instrument penelitian serta teknik tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C YPPLB Makassar berinisial MFM. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Penerapan video animasi dapat meningkatkan kemampuan membaca murid tunagrahita ringan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan video animasi dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Kata kunci: Video Animasi, Kemampuan Membaca Permulaan, T

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:39
Last Modified: 23 Feb 2022 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22313

Actions (login required)

View Item View Item