PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN HURUF BRAILLE PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR II SLB A YAPTI MAKASSAR

DWI INDRIANI ASTARI (2022) PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN HURUF BRAILLE PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR II SLB A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
skripsi depan.docx

Download (7MB)
[img] Text
JURNAL.docx

Download (56kB)

Abstract

Dwi Indriani Astari, 2018.Penerapan Metode Sramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf Braille Pada Murid Tunanetra Kelas Dasar II Di SLB A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr.PurwakaHadi, M.Si ; FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca huruf yang bentuknya hampir sama dan berlawanan arah masih rendah. Penelitian ini menelaah Metode Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf Braille Pada Murid Tunanetra Kelas Dasar II SLB A YAPTI Makassar. Rumuan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah gambaran kemampuan membaca permulaan huruf Braille sebelum penerapan metode Scramble? (2). Bagaimanakah gambaran kemampuan membaca permulaan huruf Braille sesudah penerapan metode scramble?, (3) Apakah ada peningkatan kemampuan membaca permulaan huruf Braille setelah penerapan metode scramble?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Kemampuan membaca permulaan huruf Braille pada murid tunanetra kelas dasar II sebelum penerapan metode scramble, (2) Kemampuan membaca permulaan huruf Braille pada murid tunanetra kelas dasar II sesudah penerapan metode scramble, (3) Peningkatan kemampuan membaca permulaan huruf Braille pada murid tunanetra kelas dasar II setelah penerapan metode scramble. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak satu murid yang telah diketahui melalui wawancara awal dengan guru kelas. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemberian tes. Analisis data menggunaka nanalisis mentabulasikan data hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, mendeskripsikan per individu hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca permulaan huruf Braille murid tunanetra masih rendah, (2) kemampuan membaca permulaanhuruf Braille pada murid tunanetra meningkat setelah penerapan metodescramble (3) penerapan metode scramble dapat membantu siswa dalam meningkatkan membaca permulaan huruf Braille.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:29
Last Modified: 23 Feb 2022 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22311

Actions (login required)

View Item View Item