DWI INDRIANI ASTARI (2022) PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN HURUF BRAILLE PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR II SLB A YAPTI MAKASSAR.
Text
skripsi depan.docx Download (7MB) |
|
Text
JURNAL.docx Download (56kB) |
Abstract
Dwi Indriani Astari, 2018.Penerapan Metode Sramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf Braille Pada Murid Tunanetra Kelas Dasar II Di SLB A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr.PurwakaHadi, M.Si ; FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca huruf yang bentuknya hampir sama dan berlawanan arah masih rendah. Penelitian ini menelaah Metode Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf Braille Pada Murid Tunanetra Kelas Dasar II SLB A YAPTI Makassar. Rumuan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah gambaran kemampuan membaca permulaan huruf Braille sebelum penerapan metode Scramble? (2). Bagaimanakah gambaran kemampuan membaca permulaan huruf Braille sesudah penerapan metode scramble?, (3) Apakah ada peningkatan kemampuan membaca permulaan huruf Braille setelah penerapan metode scramble?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Kemampuan membaca permulaan huruf Braille pada murid tunanetra kelas dasar II sebelum penerapan metode scramble, (2) Kemampuan membaca permulaan huruf Braille pada murid tunanetra kelas dasar II sesudah penerapan metode scramble, (3) Peningkatan kemampuan membaca permulaan huruf Braille pada murid tunanetra kelas dasar II setelah penerapan metode scramble. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak satu murid yang telah diketahui melalui wawancara awal dengan guru kelas. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemberian tes. Analisis data menggunaka nanalisis mentabulasikan data hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, mendeskripsikan per individu hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca permulaan huruf Braille murid tunanetra masih rendah, (2) kemampuan membaca permulaanhuruf Braille pada murid tunanetra meningkat setelah penerapan metodescramble (3) penerapan metode scramble dapat membantu siswa dalam meningkatkan membaca permulaan huruf Braille.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 06:29 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 06:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22311 |
Actions (login required)
View Item |