PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB NEGERI POLEWALI

NUR MUH. MA’RUF ACO (2022) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB NEGERI POLEWALI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (953kB)

Abstract

NUR MUH.MA’RUF ACO, 2018.“Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Bermain Peran Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V Di SLB Negeri Polewali” Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana. M, Si dan Dr.Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini bahwa rendahnya prestasi belajar IPS murid tunagrahita. Rumussan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimanakah gambaran prestasi belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas Dasar V SLB Negeri Polewali sebelum diberikan penerapan metode bermain peran,2) bagaimanakah gambaran prestasi belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas Dasar V SLB Negeri Polewali sesudah diberikan penerapan metode bermain peran, 3) apakah ada peningkatkan prestasi belajar IPS pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Negeri Polewali sesudah di gunakan metode bermain peran? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar IPS murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V di SLB Negeri Polewali sesudah di berikan metode bermain peran. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V di SLB Negeri Polewali sesudah digunakan metode bermain peran. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 orang murid tunagrahita duduk di kelas V di SLB Negeri Polewali kabupaten polewali. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data Ialah tekhnik tes dan analisis data ialah statitistik. Hasil peneliti menunjukkan bahwa sebelum menggunakan metode bermain peran murid tidak mampu memahami tugas dan kewajiban di rumah sedangkan setelah menggunakan metode bermain peran murid mampu memahami dan mengetahui tugas dan kewajiban di rumah. Kesimpulan metode bermain peran dapat meningktakan prestasi belajar IPS murid tunagrahita kelas dasar V di SLB Negeri Polewali

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:20
Last Modified: 23 Feb 2022 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22310

Actions (login required)

View Item View Item