Efektivitas Metode Latihan (drill) dalam Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar

Nurfadhilah AM Hindi, Alfiah (2016) Efektivitas Metode Latihan (drill) dalam Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK Alfiah Nurfadhilah AM Hindi, 2016. Efektivitas Metode Latihan (drill) dalam Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode latihan (drill) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar dengan mengacu pada empat kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan respon siswa. Pada penelitian ini memilih secara cluster random sampling sebanyak satu kelas dari sembilan kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar tahun ajaran 2015/2016 semester genap. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan awal (pretest) pada awal pertemuan dan tes kemampuan akhir (posttest) pada akhir pertemuan, lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan angket respon siswa. Data tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif adalah sebagai berikut : (1) Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) 29,61, berada dalam kategori sangat rendah, dengan standar deviasi 10,27, nilai terendah adalah 5 dan nilai tertinggi adalah 44 dari skor ideal 100. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) 80,61, berada dalam kategori tinggi, dengan standar deviasi 7,32, nilai terendah adalah 64 dan nilai tertinggi adalah 97 dari skor ideal 100. Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (posstest), dari 33 siswa, 30 siswa (90,91%) diantaranya mencapai KKM artinya ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai. Selain itu, nilai rata-rata gain ternormalisasi siswa sebesar 0,73 yang berada pada kategori tinggi. (2) Skor rata-rata keterlaksanaan metode latihan (drill) menunjukkan 3,5, skor rata-rata ini berada pada kategori terlaksana dengan baik. (3) Skor rata-rata aktivitas siswa sebesar sebesar 3,5, skor rata-rata tersebut berada pada kategori sangat baik. (4) Skor rata-rata siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan metode latihan (drill) sebesar 3,1, skor rata-rata ini berada dalam kategori respon cenderung positif. Dari hasil analisis inferensial diperoleh nilai thitung > ttabel (5,963 > 1,69) berarti bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa (posttest) SMP Negeri 3 Makassar dengan penerapan metode latihan (drill) lebih besar dari 73 (KKM KD). Selain itu diperoleh nilai thitung > ttabel (23,618 > 1,69) berarti bahwa nilai rata-rata gain ternomalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode latihan (drill) dengan model pembelajaran learning cycle efektif diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar untuk pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Kata Kunci: Metode Latihan (drill), Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Respon Siswa   ABSTRACT Alfiah Nurfadhilah AM Hindi, 2016. The Effectiveness of Drill Method in Learning Cycle Model toward Students Mathematics Learning Achievement on Grade VIII SMP Negeri 3 Makassar. Mathematics Department. Faculty of Mathematics and Science State University of Makassar. Type of research is pre-experiment research with purpose to know the effectiveness of implementation dril method on students grade VIII SMP Negeri 3 Makassar according four criteria of learning effectiveness, there are students learning achievement, learning feasibility, students’ activity, and students response. This research choose one class by cluster random sampling from nine groups grade VIII SMP NEGERI 3 Makassar of the academic years 2015/2016 on even semester. Data collection using pretest in the firts meeting and posttest in the last meeting, observation sheets to observe of learning feasibility, observation sheet to observe students’ activity, and questionnaire of students response. This data analysis by descriptive statistical technique and inferential statistical. The result from descriptive statistical analysis as follows: (1) pretest average is 29.61, with category very low, std. Deviation 10.27, minimum value 5 and maximum value is 44 from ideal score 100. Posttest average is 80.61, with high category, std. Deviation 7.32, minimum value is 64 and maximum value is 97 from ideal score is 100. The data shows that posttest from 33 students, 30 students (90.91%) achieved KKM, it means the completenes clasical of learning achievement is achieved. Else, the average score of normalized gain of 0.73 in high category. (2) The average score of learning feasibility is 3.5 with well implemented category. (3) the average score of students’ activity is 3.5 with very good category. (4) the average score of students response is 3.1 with tends to positive response catgery. The inferential statistical analysis obtained value of tcount > ttable (5.963 > 1.69) it means that average score of posttest SMP Negeri 3 Makassar with implementing drill method greater than 73 (KKM KD). Else obtained value of tcount > ttable (23.618 > 1.69) it means that average score of normalized gain greater than 0.3 (medium category). From findings research it can be concluded that drill method in learning cycle model efective to apply on grade VIII SMP Negeri 3 Makassar for solid figure subject. Key Word: Drill Method, Learning Achievement, students Activity, Students Response.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:31
Last Modified: 20 Mar 2017 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item View Item