PENINGKATAN KEMAMPUAN SERIASI MELALUI PENGGUNAAN PINK TOWER PADA MURID AUTIS KELAS II DI SLB ARNADYA MAKASSAR

NITA ANDRIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN SERIASI MELALUI PENGGUNAAN PINK TOWER PADA MURID AUTIS KELAS II DI SLB ARNADYA MAKASSAR.

[img] Text
NITA ANDRIANI_1545041019.pdf

Download (3MB)
[img] Text
NITA ANDRIANI JURNAL.pdf

Download (356kB)

Abstract

Nita Andriani 2019 Peningkatan Kemampuan Seriasi Melalui Penggunaan Pink Tower Pada Murid Autis Kelas II di SLB Arnadya Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Dr. Usman, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan seriasi murid autis pada mata pelajaran Matematika di SLB Arnadya Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan seriasi melalui penggunaan Pink Tower pada murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kemampuan seriasi murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar sebelum diberikan perlakuan (baseline 1 / (A1)), 2) mengetahui penggunaan Pink Tower untuk meningkatkan kemampuan seriasi murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar pada fase (intervensi/ (B)), 3) mengetahui peningkatan kemampuan seriasi murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar setelah pemberian perlakuan (baseline 2 / (A2)), 4) mengetahui perbandingan kemampuan seriasi murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid autis kelas II SLB Arnadya Makassar berinisial MA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1. Kemampuan seriasi subjek (MA) sebelum diberikan perlakuan (baseline 1/A1) termasuk kategori sangat rendah. 2. Penggunaan media Pink Tower untuk meningkatkan kemampuan seriasi murid autis kelas II di SLB Arnadya Makassar menempuh langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: Mempersiapkan media yang akan digunakan untuk pembelajaran, mengkondisikan murid dalam kegiatan pembelajaran, memperkenalkan media pink tower, memperkenalkan papan alas, menunjukkan cara membawa kubus satu per satu, memberi contoh seriasi (mengurutkan) kubus dari yang paling kecil ke yang paling besar, dari yang paling besar ke yang paling kecil, dari yang paling tinggi ke yang rendah, dari yang paling rendah ke yang paling tinggi kemudian melanjutkan urutan berdasarkan besar, kecil, tinggi dan rendah. Kemudian murid dipersilahkan untuk mengerjakan atau menyusun kembali sesuai dengan yang diperintahkan peneliti. Begitupun seterusnya sampai murid berhasil melakukan seriasi melalui pink tower. 3. Kemampuan seriasi subjek (MA) setelah diberikan perlakuan (baseline 2/A2) meningkat ke kategori tinggi. 4. Perbandingan kemampuan seriasi subjek (MA) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan peningkatan yang cukup berarti, yaitu peningkatan kemampuan serasi dari kategori sangat rendah meningkat menjadi tinggi. Kata kunci: Pink Tower, Kemampuan seriasi, Autis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:12
Last Modified: 23 Feb 2022 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22309

Actions (login required)

View Item View Item