PENGARUH MOZAIK TERHADAP MOTORIK HALUS MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI I MAKASSAR

NURFITRIANI (2022) PENGARUH MOZAIK TERHADAP MOTORIK HALUS MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI I MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

NURFITRIANI 2018 Penggunaan Mozaik terhadap Motorik Halus Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB Negeri I Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd dan Dr. Usman, M. Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya kemampuan murid dalam bidang motorik khususnya dalam hal menulis di SLB Negeri I Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh mozaik terhadap motorik halus murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri I Makassar. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan motorik halus murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri I Makassar pada kondisa baseline 1 (A1), 2) untuk mengetahui pengaruh mozaik dalam meningkatkan kemampuan motorik halus murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri I Makassar pada kondisi intervensi (B), 3) untuk mengetahui pengaruh mozaik terhadap motorik halus murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri I Makassar pada kondisi baseline 2 (A2), 4) untuk mengetahui pengaruh kemampun motorik halus murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri I Makassar antar kondisi A1 ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB Negeri I Makassar berinisial S. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus khususnya dalam hal menulis mengalami perubahan atau peningkatan setelah menggunakan mozaik dalam pembelajaran Hal ini dapat dilihat dari tes hasil menggunakan mozaik. Data haisl tes termasuk stabil berdasarkan kriteria stablitas yang telah ditetapkan, kecenderungan jejak data menaik atau terjadi peningkatan data kemampuan, level stabilitas termasuk stabil, perubahan level terjadi peningkatan (menaik) karena adanya pengaruh mozaik. Hal ini dipacu oleh refleksi yang dilakukan pada Intervensi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengruh mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri I Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:02
Last Modified: 23 Feb 2022 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22306

Actions (login required)

View Item View Item