PENGGUNAAN I-CHAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB LANIANG MAKASSAR

HAJRA NISWATI (2022) PENGGUNAAN I-CHAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB LANIANG MAKASSAR.

[img] Text
HAJRA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (198kB)

Abstract

HAJRA NISWATI 2018 Penggunaan I-CHAT dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Benda Murid Tunarungu Kelas Dasar II di SLB Laniang Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd dan Dr. Mustafa, M. Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan kosakata benda murid tunarungu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia , di SLB Laniang Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan kosakata benda siswa tunarungu kelas dasar II di SLB Laniang Makassar berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan hasil analisis antar kondisi.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan I-CHAT dalam meningkatkan kemampuan kosakata benda pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB Laniang Makassar. Teknik pengumpulan data adalah tes praktik. Subyek penelitian ini adalah 1 orang murid tunarungu kelas dasar II SLB Laniang Makassar berinisial T. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. penggunaan I-CHAT dapat meningkatkan kemampuan kosakata benda pada murid tunarungu. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan I-CHAT dapat meningkatkan kemampuan kosakata benda pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB Laniang Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:51
Last Modified: 23 Feb 2022 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22303

Actions (login required)

View Item View Item