PENGARUH PERMAINAN DOMINO BRAILLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN ANAK TUNANETRA KELAS DASAR II DI SLB A YAPTI MAKASSAR

ANISA PUJIYANTI (2022) PENGARUH PERMAINAN DOMINO BRAILLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN ANAK TUNANETRA KELAS DASAR II DI SLB A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI ANISA PUJIYANTI.docx

Download (11MB)
[img] Text
JURNAL ANISA PUJIYANTI.docx

Download (131kB)

Abstract

ANISA PUJIYANTI 2018, Penggunaan Permainan Domino Braille dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Kelas Dasar II di SLB A YAPTI Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Usman, M.Si dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan penjumlahan anak tunanetra di SLB A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah : Bagaimanakah penggunaan permainan domino Braille dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Kemampuan penjumlahan pada pada anak kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sebelum penggunaan permainan domino Braille pada kondisi baseline 1 (A1). (2) Penggunaan permainan domino Braille dalam kemampuan penjumlahan pada anak kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar pada kondisi intervensi (B). (3) Peningkatan kemampuan penjumlahan pada anak kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar pada penggunaan permainan domino Braille pada kondisi baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang anak tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI berinisial AF Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan menggunakan permainan domino Braille diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan anak tunanetra. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada baseline 1 (A1) diperoleh nilai 30 pada sesi pertama, nilai 30 pada sesi dua, nilai 30 pada sesi tiga dan nilai 30 pada sesi empat. (2) Kemampuan penjumlahan pada intervensi (B) , penggunaan permainan domino Braille menunjukkan peningkatan pada tahap intervensi , dimana pada penilaian kemampuan penjumlahan anak termasuk kategori baik. Dengan demikian secara empiris terdapat peningkatkan kemampuan khususnya dalam penjumlahan melalui penggunaan domino Braille pada anak tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar. Kata Kunci: kemampuan penjumlahan, domino Braille, tunanetra

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:03
Last Modified: 23 Feb 2022 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22299

Actions (login required)

View Item View Item