PENGGUNAAN CORONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR II DI SLB A YAPTI MAKASSAR

TRYSCA ROMBE DATU (2022) PENGGUNAAN CORONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR II DI SLB A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB)

Abstract

TRYSCA ROMBE DATU, 2018. “Penggunaan Corong Berhitung untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian pada Murid Tunanetra Kelas Dasar II di SLB A Yapti Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Syamsuddin, M.Si dan Drs. Andi Budiman, M.Kes.Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar murid tunanetra pada mata pelajaran matematika, khususnya mengenal operasi hitung perkalian di SLB A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan corong berhitung dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A Yapti Makassar”. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui operasi hitung perkalian pada murid tunanetra Kelas Dasar II di SLB A YAPTI Makassar pada analisis dalam kondisi baseline 1 (A1), 2) Untuk mengetahui operasi hitung perkalian pada murid tunanetra Kelas Dasar II di SLB A YAPTI Makassar pada analisis dalam kondisi intervensi (B), 3) untuk mengetahui operasi hitung perkalian pada murid tunanetra Kelas Dasar II di SLB A YAPTI Makassar pada analisis dalam kondisi baseline 2 (A2), 4) untuk mengetahui peningkatatan kemampuan operasi hitung perkalian melalui media corong berhitung berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada anak tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunanetra kelas dasar II di SLB A Yapti Makassar berinisial AF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain AB-A. Dengan penggunaan corong berhitung dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian pada murid tunanetra. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk persentase, grafik dan mean. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan corong berhitung dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:42
Last Modified: 23 Feb 2022 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22296

Actions (login required)

View Item View Item