PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENGURANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN LEMPAR BOLA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB YP3LB MAKASSAR

SRI AYU RUSLAN (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENGURANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN LEMPAR BOLA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB YP3LB MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

SRI AYU RUSLAN 2018, Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Melalui Kegiatan Bermain Lempar Bola Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar II di SLB YP3LB MAKASSAR.Skripsi dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd dan Dr. Mustafa, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan operasi hitung pengurangan anak tunarungu di SLB YP3LB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatkan kemampuan operasi hitung pengurangan melaui kegiatan bermain lempar bola pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB YP3LB Makassar ?” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung pengurangan melalui kegiatan bermain lempar bola pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB YP3LB Makassar.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang anak tunarungu kelas dasar II SLBYP3LB Makassar berinisialNV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan menggunakan kegiatan bermain lempar bola dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung pengurangan pada murid tunarungu. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik , mean. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kegiatan bermain lempar bola dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung pengurangan pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB YP3LB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:56
Last Modified: 23 Feb 2022 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22293

Actions (login required)

View Item View Item