PENINGKATAN KESEIMBANGAN MELALUI PERMAINAN PAPAN TITIAN PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS DASAR II DI SLB MINASA BAJI KABUPATEN MAROS

WAHYUNI (2022) PENINGKATAN KESEIMBANGAN MELALUI PERMAINAN PAPAN TITIAN PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS DASAR II DI SLB MINASA BAJI KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (8MB)
[img] Text
JURNAL.docx

Download (97kB)

Abstract

WAHYUNI 2018. Peningkatan Keseimbangan Melalui Permainan Papan Titian pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas Dasar II di SLB Minasa Baji Kabupaten Maros. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimanakah keseimbangan murid cerebral palsy kelas dasar II SLB Minasa Baji Kabupaten Maros pada kondisi baseline 1 (A1)? 2) Bagaimanakah keseimbangan pada murid cerebral palsy kelas dasar II SLB Minasa Baji Kabupaten Maros pada kondisi intervensi (B)? 3) Bagaimanakah keseimbangan murid cerebral palsy kelas dasar II SLB Minasa Baji Kabupaten Maros pada fase baseline 2 (A2)?. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR ( Single Subject Research) data dikumpulkan dengan tektik tes perbuatan, dan dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak satu orang murid. Dalam penelitian subjek tunggal terfokus pada data individu, yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya efek variabel bebas atau intervensi terhadap variabel terikat atau perilaku sasaran ( target behavior). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Pada Baseline 1 (A1) kemampuan keseimbangan murid memperoleh skor yang sama pada setiap sesinya namun pada butir soal yang berbeda. sesi pertama murid mampu melakukan kegiatan tetapi pada sesi berikutnya murid tidak mampu melakukan walaupun dengan arahan dan bantuan yang diberikan. (2) Keterampilan melaksanakan perintah pada Intervensi (B) penggunaan papan titian pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB Minasa Baji Kabupaten Maros menunjukkan peningkatan. (3) Terdapat peningkatan keseimbangan melalui penggunaan papan titian pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB Minasa Baji Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:20
Last Modified: 23 Feb 2022 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22285

Actions (login required)

View Item View Item