PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF PADA ANAK DISLEKSIA KELAS III SD INPRES JAPING SUNGGUMANAI KECAMATAN PATTALLASANG KABUPATEN GOWA

ANDI HAJRAH SYAHRUNI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF PADA ANAK DISLEKSIA KELAS III SD INPRES JAPING SUNGGUMANAI KECAMATAN PATTALLASANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. SKRIPSI SAMPUL.docx

Download (100kB)
[img] Text
2. SKRIPSI HALAMAN DEPAN.docx

Download (31kB)
[img] Text
3. SKRIPSI BAB I, II, III, IV, V.docx

Download (122kB)
[img] Text
4. SKRIPSI LAMPIRAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
5. SKRIPSI RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)
[img] Text
6. JURNAL.docx

Download (69kB)

Abstract

Andi Hajrah Syahruni, 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Model Pembelajaran Koperatif Pada Anak Disleksia Kelas III SD Inpres Japing Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M. Si dan Prof.Dr. H. Abd. Hadis, M.Pd. Program Studi Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian yang dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan membaca dimiliki siswa serta keaktivan siswa dalam proses belajar menjadi alasan dirumuskan beberapa masalah yaitu (1) Bagaimanakah kemampuan membaca pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Japing Gowa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif? (2) Bagaimana kemampuan membaca pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Japing Gowa setelah model pembelajaran kooperatif? (3) Apakah ada peningkatan kemampuan membaca pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Japing Gowa melalui model pembelajaran kooperatif?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan membaca pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Japing Gowa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif, (2) Kemampuan membaca pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Japing Gowa setelah model pembelajaran kooperatif, (3) Peningkatan kemampuan kemampuan membaca pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Japing Gowa melalui model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 murid.Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca melalui model pembelajaran kooperatif pada anak disleksia kelas III SD Inpres Japing kecamatan Pattallasang kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Japing Gowa masuk dalam kategori tidak tuntas. Setelah penerapan model pembelajaran kooperatif pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Japing Gowa dalam kategori tuntas. Dengan melihat hasil tes awal maka tes akhir terdapat peningkatan kemampuan membaca. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan membaca pada murid disleksia kelas III di SD Inpres Japing Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Disleksia.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:15
Last Modified: 23 Feb 2022 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22284

Actions (login required)

View Item View Item