PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGK KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURIdTUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB C YPPLB MAKASSAR

AULIA NUR CAHAYU (2022) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGK KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURIdTUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (2MB)

Abstract

AULIA NUR CAHAYU, 2018. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatakan Kemampuan Memabaca Permulaan Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV di SLB C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si. dan Dr. Usman, M.Si Program studi pedidikan luar biasa, Fakultas ILmu Pedidikan, Universitas negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah seorang murid tunagrahita ringan kelas dasar IV yang kurang mampu dalam membaca permulaan dengan baik DI SLB C YPPLB Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah, bagaimanakah kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV DI SLB C YPPLB Makassar melalui media audio visual ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV DI SLB C YPPLB Makassar pada baseline 1 (A1). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian subjek tunggal (single subject research),. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah seorang murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB C YPPLB Makassar. Tehnik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan membaca permulaan murid sebelum penggunaan media audio visual berada pada kategori kurang baik kemudian selama pembelajaran melalui penggunaan media audio visual menunjukkan peningkatan dan setelah penggunaan media audio visual, terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringa kelas dasar IV di SLB C YPPLB Makassar yaitu berada pada kategori baik. Kata kunci : Media Audio Visual Untuk Meningkatakan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Tunagrahita Ringan kelas dasar IV di SLB C YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:52
Last Modified: 23 Feb 2022 01:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22282

Actions (login required)

View Item View Item