DIVA AULIA HUSTI (2022) PENERAPAN TEKNIK TASK ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCUCI PIRING PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III DI SLB-C YPPLB CENDRAWASIH KOTA MAKASSAR.
Text
01 Sampul Depan.pdf Download (11kB) |
|
Text
02 Sampul i.pdf Download (149kB) |
|
Text
03 iv-xx.pdf Download (324kB) |
|
Text
04 BAB 1 - V dan Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
05Lampiran 1 - 6.pdf Download (877kB) |
|
Text
06 PERSURATAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
07 SAMPUL JURNAL PDF.pdf Download (120kB) |
|
Text
08 JURNAL.pdf Download (545kB) |
Abstract
DIVA AULIA HUSTI 2018 Penerapan Teknik Task Analysis Untuk Meningkatkan Keterampilan Mencuci Piring Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas III di SLB-C YPPLB Cendrawasih Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik task analysis untuk meningkatkan keterampilan mencuci piring pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C YPPLB Cendrawasih Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan mencuci piring pada anak tunagrahita sedang kelas III Di SLB-C YPPLB Cendrawasih Kota Makassar berdasarkan hasil analisis dalam kondisi? dan Bagaimanakah kemampuan mencuci piring pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C YPPLB Cendrawasih Kota Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan mencuci piring pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C YPPLB Cendrawasih Kota Makassar melalui penerapan teknik task analysis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR ( Single Subject Research) data dikumpulkan dengan teknik tes perbuatan, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seorang anak kelas III. Penelitian subjek tunggal (SSR) terfokus pada data individu, yang bertujuan untuk melihat ada�tidaknya efek variabel bebas atau intervensi terhadap variabel terikat atau perilaku sasaran (target behavior). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada Baseline 1 (A1) diperoleh skor sama pada sesi pertama sampai sesi keempat. Artinya keterampilan mencuci piring anak dari sesi pertama sampai sesi ke empat tidak mengalami perubahan sehingga keterampilan anak dikatakan sangat kurang. (2) Keterampilan mencuci piring pada Intervensi (B) melalui penerapan teknik task analysis dari sesi kelima sampai sesi kesembilan menunjukkan peningkatan, dimana pada penilaian keterampilan anak termasuk dalam kategori baik. (3) Pada kondisi baseline 2 (A2) dari sesi kesepuluh sampai sesi ketigabelas mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kondisi intervensi (B). Namun jika dibandingkan dengan kondisi baseline 1 (A1), maka kondisi baseline 2 (A2) mengalami peningkatan. Dengan demikian secara empiris terdapat peningkatan keterampilan mencuci piring melalui penerapan teknik task analysis pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C YPPLB Cendrawasih Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 07:13 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 07:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22273 |
Actions (login required)
View Item |