PENERAPAN TEKNIK SKIMMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR VI DI SLB NEGERI 1 GOWA

NURSYAMSU DHUHA (2022) PENERAPAN TEKNIK SKIMMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR VI DI SLB NEGERI 1 GOWA.

[img] Text
SAMPUL LUAR FIX (DHUHA).docx

Download (18kB)
[img] Text
SAMPUL DAN LAMPIRAN DEPAN (DHUHA).docx

Download (60kB)
[img]
Preview
Image
PERESETUJUAN PEMBIMBING.jpg

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.jpg

Download (343kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI (DHUHA).docx

Download (1MB)
[img]
Preview
Image
NURSYAMSU DHUHA.jpg

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Image
NURSYAMSU DHUHA.jpg

Download (901kB) | Preview
[img] Text
JURNAL (DHUHA).pdf

Download (209kB)

Abstract

NURSYAMSU DHUHA, 2018. Penerapan Teknik Skimming Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar VI Di SLB Negeri 1 Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penulisan skripsi ini adalah “Apakah penerapan teknik skimming dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid cerebral palsy kelas dasar VI Di SLB Negeri 1 Gowa”. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik skimming untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid cerebral palsy kelas dasar VI Di SLB Negeri 1 Gowa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian adalah murid cerebral palsy kelas dasar VI Di SLB Negeri 1 Gowa yang masih aktif pada tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes hasil belajar murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman murid cerebral palsy kelas dasar VI Di SLB Negeri 1 Gowa sebelum penerapan teknik Skimming berdasarkan Kategori kemampuan membaca pemahaman menunjukkan kemampuan membaca pemahaman responden penelitian berada di bawah kategori kemampuan membaca pemahaman yang telah ditetapkan. Sedangkan setelah pembelajaran dengan penerapan teknik Skimming pada murid cerebral palsy kelas dasar VI Di SLB Negeri 1 Gowa menunjukkan kemampuan membaca pemahaman subjek mengalami peningkatan dengan hasil perolehan nilai berada di atas kategori kemampuan membaca pemahaman yang telah ditetapkan. Hal ini berarti bahwa responden telah berada pada kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan teknik Skimming dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid cerebral palsy kelas dasar VI Di SLB Negeri 1 Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:05
Last Modified: 22 Feb 2022 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22272

Actions (login required)

View Item View Item