LILY ANDRIANI (2022) KEMAMPUAN PENGUCAPAN KONSONAN DENTAL MELALUI FLANNEL ALFABET PADA MURID TUNARUNGUKELAS DASAR III DI SLB NEGERI MAKASSAR.
Text
AWAL.docx Download (47kB) |
|
Text
PENGESAHAN SKRIPPSI.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (50kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (163kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (52kB) |
|
Text
jurnal.docx Download (172kB) |
Abstract
Lily Andriani, 2018. “Kemampuan Pengucapan Konsonan Dental Melalui Flannel Alfabet pada Murid Tunarungu Kelas Dasar III di SLB 02 Makasaar” Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Dwiyatmi Sulasminah,M.Pd dan Drs.Djoni Rosyidi,M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan indentifikasi masalah dalam penelitian ini ditemukan salah satu murid tunarungu yakni murid ZH yang mengalami hambatan dalam pendengaran dan pengucapan. Masalah yang terjadi pada murid ZH yaitu banyak melakukan kesalahan pengucapan yang terletak pada pengucapan huruf konsonan dental.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Flanel Alfabet dapat meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan dental pada murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri 02 Makassar?.Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui penggunaan flanel alfabet dalam meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan dental pada murid tunarungu kelas dasar III pada SLB Negeri 02 Makassar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dalam bentuk single subyek research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid Tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri 02 Makassar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Penelitian ini menggunakan teknik analiis single subyek research (SSR) yaitu analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi yang disajikan dengan grafik,baseline I mengajarkan pengucapan konsonan dental tanpa menggunakan flannel alphabet,Intervensi,mengajarkan dengan menggunakan flannel alphabet,BaselineII, mengajarkan penggunaan konsonan dental huruf dengan menggunakan flannel alfabet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Flanel alphabet dapat meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan dental pada subjek ZH murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri 02 Makassar. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan pada setiap fase, yaitu pada fase baseline 1 tanpa adanya tindakan diperoleh nilai yang berada pada kategori kurang dan setelah diberi intervensi berupa Flannel Alfabet, kemampuan pengucapan konsonan dental dalam membaca kata subjek menunjukkan peningkatan namun nilai yang diperoleh masih berada pada kategori kurang, selanjutnya pada fase baseline 2 yaitu setelah penggunaan Flannel Alfabet dan tanpa diberikan intervensi, kemampuan pengucapan pengucapan konsonan dental dalam membaca kata subjek meningkat dan berada pada kategori Cukup. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Flanel Alfabet dapat meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan dental pada murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri 02 Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 05:35 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 05:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22268 |
Actions (login required)
View Item |