YUNINGSI TAMBING (2022) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI BERMAIN TEKA-TEKI SILANG PADA MURID TUNADAKSA KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR.
Text
FILE LENGKAP SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
|
Text
jurnal.pdf Download (192kB) |
Abstract
YUNINGSI TAMBING, 2018. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Bermain Teka-teki Silang Pada Murid Tunadaksa Kelas Dasar III di SLB Negeri 1 Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Drs. Mufa’adi,M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kosakata anak tunadaksa mengenai hewan yang ada di lingkungan sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kosakata murid tunadaksa kelas dasar III di SLB Negeri 1 Makassar melalui bermain teka-teki silang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kosakata murid tunadaksa kelas dasar III di SLB Negeri 1 Makassar melalui bermain teka-teki silang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian ini adalah murid tunadaksa kelas dasar III di SLB Negeri 1 Makassar pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak satu orang murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kosakata murid tunadaksa kelas dasar III di SLB Negeri 1 Makassar dengan insial SC menunjukkan kategori rendah sebelum penerapan permainan teka-teki silang. Sedangkan setelah penerapan permainan teka-teki silang murid tunadaksa kelas dasar III di SLB Negeri 1 Makassar mengalami peningkatan menjadi kategori sangat baik. Hal ini dapat diartikan bahwa permainan teka-teki silang dapat meningkatkan kosakata murid tunadaksa kelas dasar III di SLB Negeri 1 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 05:22 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 05:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22266 |
Actions (login required)
View Item |