PENGGUNAAN MEDIA TIRUAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL MAKNA BILANGAN PADA MURID AUTIS KELAS DASAR III DI SLB ABCD AISYIYAH BANGGAE KABUPATEN MAJENE

SYUKMA MANGGALA (2022) PENGGUNAAN MEDIA TIRUAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL MAKNA BILANGAN PADA MURID AUTIS KELAS DASAR III DI SLB ABCD AISYIYAH BANGGAE KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (15kB)
[img] Text
SAMPUL 2.docx

Download (60kB)
[img]
Preview
Image
PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.jpg

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (367kB)
[img] Text
Bab III.docx

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (53kB)
[img] Text
Bab V.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (5MB)
[img]
Preview
Image
REKOMENDASI PENELITIAN.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
SURAT KETERANGAN PENELITIAN.jpg

Download (456kB) | Preview
[img] Text
JURNAL Syukma Manggala.pdf

Download (376kB)

Abstract

SYUKMA MANGGALA, 2018. Penggunaan media tiruan dalam meningkatkan kemampuan mengenal makna bilangan pada murid autis kelas Dasar III di SLB ABCD Aisyiyah Banggae Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina, M.Si dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan mengenal makna bilangan pada murid autis kelas dasar III di SLB ABCD Aisyiyah Banggae Kabupaten Majene. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada peningkatan kemampuan mengenal makna bilangan melalui penggunaan media tiruan pada murid autis Kelas Dasar III di SLB ABCD Aisyiyah Banggae Kabupaten Majene”. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media tiruan dalam kemampuan meningkatkan mengenal makna bilangan pada murid Autis Kelas Dasar III di SLB ABCD Aisyiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Mengenal Makna Bilangan sebelum dan sesudah penerapan media tiruan pada murid Autis Kelas Dasar III Di SLB ABCD Aisyiyah Banggae Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah murid autis kelas Dasar III yang berjumlah satu orang . Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal makna bilangan kelas Dasar III di SLB ABCD Aisyiyah Banggae Kabupaten Majene sebelum penggunaan media tiruan berada dalam kategori sangat tidak mampu. Sedangkan hasil kemampuan mengenal makna bilangan murid autis kelas dasar III di SLB ABCD Aisyiyah Banggae KabupatenMajene setelah penggunaan media tiruan berada dalam kategori mampu. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penggunaan media tiruan dapat meningkatkan kemampuan mengenal makna bilangan pada murid autis kelas Dasar III di SLB ABCD Aisyiyah Banggae Kabupaten Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:48
Last Modified: 22 Feb 2022 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22264

Actions (login required)

View Item View Item