PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BINA DIRI DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MENCUCI ALAT MAKAN PADA MURID TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DASAR IV DI SLB C YPPLB MAKASSAR

DEWI ARYA LESTARI (2022) PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BINA DIRI DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MENCUCI ALAT MAKAN PADA MURID TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DASAR IV DI SLB C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (777kB)
[img] Text
Bab I PCX - Report.pdf

Download (214kB)

Abstract

DEWI ARYA LESTARI 2018. Penggunaan Video Pembelajaran Bina Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Mencuci Alat Makan Bagi Murid Tunagrahita Sedang Kelas Dasar IV Di SLB C YPPLB Makassar. Dibimbing oleh Dr. Usman, M.Si dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penggunaan video pembelajaran bina diri dalam meningkatkan kemandirian mencuci alat makan bagi murid tunagrahita sedang kelas dasar IV di SLB C YPPLB Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemandirian mencuci alat makan pada murid tunagrahita sedang kelas dasar IV di SLB C YPPLB Makassar melalui penggunaan video pembelajaran?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemandirian mencuci alat makan murid tunagrahita sedang kelas dasar IV di SLB C YPPLB Makassar melalui penggunaan video pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR ( Single Subject Research) data dikumpulkan dengan teknik tes perbuatan, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seorang murid kelas Dasar IV. Penelitian subjek tunggal (SSR) terfokus pada data individu, yang bertujuan untuk melihat ada-tidaknya efek variabel bebas atau intervensi terhadap variabel terikat atau perilaku sasaran (target behavior). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada Baseline 1 (A1) diperoleh skor 4 pada sesi pertama, skor 4 pada sesi dua, skor 4 pada sesi tiga dan skor 4 pada sesi empat. Pada sesi pertama subejek mampu melakukan kegiatan tetapi pada sesi berikutnya subjek tidak mampu melakukan walaupun dengan arahan dan bantuan yang diberikan pada Baseline 1 (A1) sehingga kemandirian murid dikatakan sangat kurang. (2) Kemandirian mencuci alat makan pada Intervensi (B), penggunaan video pembelajaran pada murid tunagrahita sedang kelas dasar IV di SLB C YPPLB Makassar menunjukkan peningkatan pada tahap Intervensi, dimana pada penilaian kemandirian murid termasuk dalam katagori baik. Dengan demikian secara empiris terdapat peningkatan kemandirian mencuci alat makan melalui penggunaan video pembelajaran pada murid tunagrahita sedang kelas dasar IV di SLB C YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:31
Last Modified: 22 Feb 2022 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22262

Actions (login required)

View Item View Item