MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGUCAPAN KATA-KATA VERBAL MELALUI TOKEN EKONOMI PADA ANAK AUTIS KELAS 1 DI SLB AUTIS BUNDA MAKASSAR

YULIANA PARRANGAN (2022) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGUCAPAN KATA-KATA VERBAL MELALUI TOKEN EKONOMI PADA ANAK AUTIS KELAS 1 DI SLB AUTIS BUNDA MAKASSAR.

[img] Text
skripsi yuliana.pdf

Download (5MB)
[img] Text
jurnal.docx

Download (85kB)

Abstract

YULIANA PARRANGAN 2018 Meningkatkan Keterampilan Pengucapan Katakata Verbal Melalui Token Ekonomi Pada Anak Autis Kelas I Di SLB Autis Bunda Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M. Si dan. Dr. Bastiana, M. Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan pengucapan kata verbal hasil belajar murid autis pada saat menyebutkan kata, khususnya menyebutkan nama keluarga di SLB Autis Bunda Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan token ekonomi dalam meningkatkan kemampuan menyebutkan nama keluarga pada anak autis di SLB Autis Bunda Makassar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyebutkan nama anggota keluarga melalui penerapan metode token ekonomi pada anak autis di SLB Autis Bunda Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid autis kelas dasar I SLB Autis Bunda Makssar berinisial ACLP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penerapan token ekonomi dapat meningkatkan keterampilan pengucapan kata verbal pada anak autis. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistic deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan token ekonomi dapat meningkatkan keterampilan pengucapan kata verbal pada anak autis di SLB Autis Bunda Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:04
Last Modified: 22 Feb 2022 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22259

Actions (login required)

View Item View Item