PENGGUNAAN METODE ABJAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA SISWA AUTIS KELAS DASAR II DI SLB NEGERI 1 MAKAKASSAR

RIZKY ANAS RIDHO (2022) PENGGUNAAN METODE ABJAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA SISWA AUTIS KELAS DASAR II DI SLB NEGERI 1 MAKAKASSAR.

[img] Text
Skripsi Rizky Anas Ridho.pdf

Download (12MB)

Abstract

RIZKY ANAS RIDHO, 2018. “Penggunaan metode abjad untuk mengenal huruf pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri 1 Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Kasmawati, M.Si dan Prof.Dr.Abdul Hadis, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang anak autis yang mengalami ketidakmampuan dalam mengenal huruf di kelas dasar II di SLB Negeri 1 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah kemampuan mengenal huruf sebelum dan sesudah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada Anak Autis kelas dasar II di SLB Negeri 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf pada murid autis sebelum dan setelah menggunakan metode abjad di SLB Negeri 1 makassar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subyek dalam penelitian ini adalah satu orang anak autis kelas dasar II di SLB Negeri 1 Makassar. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan subyek mengenal huruf sebelum penggunaan metode abjad berada pada kategori sangat kurang. Sedangkan sesudah penggunaan metode abjad menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri 1 Makassar. yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan metode abjad dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri 1 Makaasar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:46
Last Modified: 22 Feb 2022 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item View Item