SAPARUDDIN (2022) PENINGKATKAN KOMUNIKASI VERBAL MELALUI PENGGUNAAN PECS (PICTURES EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) BAGI MURID AUTIS KELAS DASAR I DI SLB AUTIS BUNDA MAKASSAR.
Text
SAMPUL SKRIPSI 1.docx Download (25kB) |
|
Text
SAMPUL SKRIPSI 2.docx Download (25kB) |
|
Text
persetujuan pembimbingan skripsi.docx Download (36kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (17kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (17kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (17kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (74kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (79kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (258kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (20kB) |
|
Text
INTRUMEN ACC.docx Download (62kB) |
|
Text
Hasil uji lapangan.docx Download (30kB) |
|
Text
HASIL KERJA SISWA.docx Download (49kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (425kB) |
Abstract
Saparuddin, 2011, Penggunaan PECS (pictures exchange communication system) dalam meningkatkan berkomunikasi verbal murid autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Maakassar. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd Dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini fokus pada penggunaan PECS (pictures exchange communication system) dalam meningkatkan berkomunikasi verbal murid autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan PECS (pictures exchange communication system) dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal murid autis kelas dasar I di Slb Autis Bunda Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan PECS (pictures exchange communication system) dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal murid autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian subyek tunggal atau biasa dikenal single subyect research (SSR), penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subyek penelitiannya. Desain yang digunakan A B A. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dalam kondisi dan teknik analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi verbal murid pada kondisi baseline pertama (A1) masih rendah, kemudian pada kondisi intervensi (B) kemampuan murid dalam komunikasi verbal mengalami peningkatan dan pada kondisi baseline (A1) kemampuan komunikasi verbal pada murid mengalami penurunan dibandingkan dengan kondisi intervensi (B) namun perolehan skornya lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi baseline kedua (A2). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan PECS (PICTURES EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) dapat meningkankan kemampuan komunikasi verbal murid autis kelas dasar I I Slb Autis Bunda Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 02:32 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 02:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22257 |
Actions (login required)
View Item |