PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUKMENINGKATKAN KEMANDIRIAN AKTIVITAS MAKAN MURID TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DASAR III DI SLB YPKS BAJENG KABUPATEN GOWA

NURVIKHA SYAM, (2022) PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUKMENINGKATKAN KEMANDIRIAN AKTIVITAS MAKAN MURID TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DASAR III DI SLB YPKS BAJENG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1 sampul luar.docx

Download (60kB)
[img] Text
2 sampul dalam.docx

Download (59kB)
[img] Text
3 lengkap fix.docx

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran 2 rpp.docx

Download (138kB)
[img] Text
Lampiran 3 instrumen baru.docx

Download (115kB)
[img] Text
Lampiran 4 data hasil penelitian.docx

Download (45kB)
[img] Text
Lampiran 5 rekapitulasi nilai.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 6.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 7 dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

NURVIKHA SYAM, 2018. Penggunaan metode Drill untuk meningkatkan kemandirian aktivitas makan murid Tunagrahita Sedang kelas Dasar III di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. dan Dr. Usman, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemandirian aktivitas makan murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemandirian anak tunagrahita sedang dalam aktivitas makan melalui penggunaan metode drill. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan kemandirian aktivitas makan murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningatan kemandirian aktivitas makan sebelum dan sesudah penerapan analisis tugas pada murid tunagrahitas sedang kelas dasar III di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes Kemandirian. Subyek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita sedang kelas dasar III yang berjumlah satu orang. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemandirian aktivitas makan murid tunagrahita sedang kelas dasar III SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa sebelum penggunaan metode drill berada dalam kategori kurang, 2) hasil kemandirian aktivitas makan murid tunagrahita sedang kelas dasar III SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa setelah penggunaan metode drill berada dalam kategori baik, 3) penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemandirian aktivitas makan pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa. Kata kunci: Metode Drill, Kemandirian Aktivitas Makan dan Tunagrahita Sedang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:29
Last Modified: 22 Feb 2022 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item