SURVAI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Sunarty, Kustiah (2016) SURVAI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, Makassar.

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian PNBP)
Laporan Penelitian PNBP 2016.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Revieiw Laporan Penelitian PNBP)
Peer Review Laporan Penelitian PNBP 2016.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Tujuan pemberdayaan mahasiswa bermacam-macam, salah satu di antaranya adalah menjadikan mereka terampil dan bertanggung jawab dalam menulis karya tulis ilmiah. Terampil berarti dapat mengimplemtasikan ilmu tentang penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah secara berinisiatif dan kreatif, dinamis dan ulet, mengendalikan diri dari dalam (internal locus of control), dan percaya diri dalam mengatasi masalahnya terkait dengan masalah yang dihadapi dalam penulisan karya tulis ilmiah. Bertanggung jawab artinya mereka selalu meninjau masalah dari segi kelemahan diri sendiri. Untuk itu mereka mesti mengenali kelemahan-kelemahan diri sendiri, kelemahan yang diduga menjadi penyebab terjadinya masalah yang sedang dialami. Mereka semestinya bersedia dan berupaya mengoreksi kelemahan sendiri, menerima konsekuensi, dan memperoleh kepuasan atas keputusun-keputusan yang dibuat dalam usaha mengoreksi kelemahan diri tersebut. Penulisan karya tulis ilmiah pada umumnya, khususnya penulisan skripsi merupakan salah satu ciri pokok kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Karya tulis ilmiah adalah karya dalam bentuk tertulis atau bentuk lainnya yang telah diakui dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi atau seni yang ditulis atau dikerjakan sesuai dengan tata cara ilmiah, dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan secara formal. Melalui pembuatan karya tulis ilmiah, anggota masyarakat akademik pada suatu perguruan tinggi dapat mengomunikasikan informasi baru, gagasan, kajian, dan/atau hasil penelitiannya. Salah satu bentuk karya tulis ilmiah di perguruan tinggi adalah skripsi yang ditulis oleh mahasiswa program Sarjana (S1) pada akhir studinya. Skripsi merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan program studi mahasiswa S1, yang dapat ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka, atau hasil penelitian & pengembangan (projek). Skripsi hasil penelitian lapangan adalah jenis penelitian yang berorientasi kepada pengumpulan data empiris di lapangan, baik penelitian berbentuk kuantitatif, kualitatif, maupun kuantilatif (Ali, M. & Asrori, M. 2014). Penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang pada dasamya menggunakan pendekatan deduktif-induktrf. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan (Creswell, 2010). Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari Iatar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan indukti (Moleong, 2001). Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Ciri-ciri penelitian kualitatif mewarnai sifat dan bentuk laporannya. Sedangkan penelitian kuantilatif adalah gabungan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif (Tashakkori, 2010). Idealnya setiap mahasiswa mestinya terampil dalam menulis karya tulis ilmiah, khususnya skripsi. Kenyataannya cukup banyak mahasiswa yang gagal mengatasi masalahnya. Kegagalan tersebut terjadi oleh karena mereka tidak mampu mengenali kelemahan-kelemahan diri sendiri dan cenderung mengeksternalisasikan masalah yang dihadapinya (Mahmud, 2005). Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus permasalahan adalah masalah akademik, yaitu penyelesaian studi mahasiswa, khususnya penulisan karya tulis ilmiah. Pemilihan fokus ini didasarkan pada hasil pengamatan selaku pengajar, di lapangan ditemukan gejala-gejala yang menunjukkan sebagian mahasiswa Jurusan PPB-FIP-UNM yang “terseok-seok” dalam penulisan skripsi. Selain permasalahan-permasalahan tersebut, permasalahan lain yang dapat menghambat penyelesaian studi mahasiswa adalah ketidakmampuan menulis karya ilmiah, terutama dalam menulis skripsi. Survai Litbang Koran Sindo terhadap 100 mahasiswa dan SMA di lima kota besar yang berbeda menunjukkan bahwa 50% dari mereka setuju skripsi tidak diwajibkan sebagai prasyarat kelulusan (Koran Sindo, Minggu 14 Juni 2015). Lebih Jauh diberitakan bahwa ada tujuh alasan utama yang diajukan para responden mengapa mereka setuju skripsi menjadi hal yang tidak wajib, yaitu: agar tidak ribet atau menghambat kelulusan, skripsi tidak menjadi tolok ukur atau jaminan kredibilitas, skripsi bisa diganti dengan pengabdian masyarakat seperti KKN, tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan meneliti, tidak sebanding dengan proses pembelajaran (Koran Sindo, Minggu 14Juni 2015). Sebaliknya dari pihak yang tidak setuju jika tidak menulis skripsi berpendapat bahwa: tidak ada ilmiah atau tidak punya bentuk apresiasi terhadap mahasiswa, membantu penulisan akademis, tidak ada standar kelulusan atau kualifikasi kelulusan, menjadi wadah penilaian atau sudah menjadi peraturan akademik, dan agar ada beda antara mahasiswa dan siswa SMA, sebagai pembuktian ilmu (Koran Sindo, Minggu 14 Juni 2015). Berdasarkan survei awal di Fakultas Ilmu Pendidikan pada tanggal 3 Juni 2016, dan wawancara langsung dengan dosen pembimbing, hasil pengamatan dan wawancara diperoleh keterangan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyusun/menulis karya tulis ilmiah dalam hal ini skripsi. Di samping itu, ditemukan juga kebanyakan dari mahasiswa gagal menguasai keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi permasalahan, sehingga mereka langsung mencurahkan pikiran dan perhatian pada jawaban pemecahan akhir, tanpa melihat terlebih dahulu situasi permasalahan yang akan dipecahkannya (Mahmud, 1995). Mahasiswa yang gagal mengidentifikasi masalah akan mengalami kesulitan dalam memulai penelitian dan pada akhirnya bisa berkembang menjadi manusia yang gagal dalam studinya, dan pada akhirnya bisa berkembang menjadi mahasiswa yang berperilaku menyimpang (Soerjabrata, 1982). Dari hasil survai awal dengan menggunakan teknik Focus Group Discussion bersama dengan enam orang mahasiswa prodi BK yang sedang dalam proses penyelesaian skripsinya ditemukan bahwa masalah-masalah umum yang dialami mahasiswa, khususnya mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling dalam penulisan skripsi adalah “kurang percaya diri, tidak punya target, dosen lambat memberi balikan, kurang terampil berkomunikasi, ide dan prosedur monoton, pemantauan Dosen Pembimbing dari Jurusan tidak ada, Pemantauan mahasiswa dari Dosen Pembimbing kurang serius hanya sekedar menyalahkan dan menyuruh memperbaiki tanpa memberi arahan yang operasional di lapangan” (Focus Group Discussion, Kamis 10 Juni 2016) Jika fenomena ketidakterampilan mahasiswa menulis skripsi tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan akan menghambat penyelesaian studi mahasiswa, bahkan bisa menyebabkan mereka drop-out dari perkuliahan. Untuk itu, diperlukan upaya penelusuran faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penyelesaian skripsi mahasiswa. Penelusuran ini dibutuhkan untuk mendapatkan data awal, sebagai landasan untuk melakukan upaya bimbingan dan konseling terhadap mahasiswa, sekaitan dengan visi dan misi keberadaan UPT Layanan Konseling dan Psikologi Mahasiswa (LKPM) UNM. Paparan fenomena di atas masih sangat prematur untuk dijadikan landasan kerja bagi UPT LKPM untuk memberikan layanan yang berdaya guna dan berhasil guna kepada mahasiswa UNM. Oleh karena itu, penulis mencoba mengkajinya melalui penelitian yang berjudul “Survai Faktor-Faktor Penghambat Penulisan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar”

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 08 Mar 2017 09:37
Last Modified: 08 Mar 2017 09:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item