PENGGUNAAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BENTUK BANGUN DATAR PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR

FIDYA SUCI AYU (2022) PENGGUNAAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BENTUK BANGUN DATAR PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL HASIL PENELITIAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
SAMPUL DALAM.docx

Download (17kB)
[img] Text
pengesahan.docx

Download (456kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (12kB)
[img] Text
PENGEMBANGAN KISI new - Copy.docx

Download (143kB)
[img] Text
PENGEMBANGAN KISI new.docx

Download (196kB)
[img] Text
sampul instrunen 2X.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampian 4.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 6.docx

Download (437kB)
[img] Text
Lampiran 7.docx

Download (547kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)
[img] Text
jurnal.docx

Download (122kB)

Abstract

FIDYA SUCI AYU, 2018, Penggunaan Tangram Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Bangun Datar Pada Murid Tunanetra Kelas Dasar III SLB-A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar murid tunanetra pada mata pelajaran matematika, khususnya bangun datar di SLB-A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra Kelas Dasar III di SLB-A YAPTI Makassar melalui penggunaan tangram?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Kemampuan pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar dalam kondisi baseline 1 (A1). (2) Penggunaan tangram dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar dalam kondisi intervensi (B). (3) Penggunaan tangram dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar antar kondisi dari A1 ke B dan B ke A2. (4) Peningkatan kemampuan pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar pada kondisi baseline (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan .Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunanetra kelas dasar III SLB-A YAPTI Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penggunaan Tangram dapat meningkatkan pemahaman bentuk bangun datar pada murid tunanetra. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan Tangram dapat meningkatkan pemahaman bentuk bangun datar pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar. Kata kunci: Tangram, Pemahaman Bentuk Bangun Datar, dan Tunanetra

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2022 00:59
Last Modified: 22 Feb 2022 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22249

Actions (login required)

View Item View Item