FIDYA SUCI AYU (2022) PENGGUNAAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BENTUK BANGUN DATAR PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.
Text
SAMPUL HASIL PENELITIAN.docx Download (20kB) |
|
Text
SAMPUL DALAM.docx Download (17kB) |
|
Text
pengesahan.docx Download (456kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (94kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (74kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (280kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (19kB) |
|
Text
Lampiran 1.docx Download (12kB) |
|
Text
PENGEMBANGAN KISI new - Copy.docx Download (143kB) |
|
Text
PENGEMBANGAN KISI new.docx Download (196kB) |
|
Text
sampul instrunen 2X.docx Download (31kB) |
|
Text
Lampiran 3.docx Download (18kB) |
|
Text
Lampian 4.docx Download (20kB) |
|
Text
Lampiran 5.docx Download (17kB) |
|
Text
Lampiran 6.docx Download (437kB) |
|
Text
Lampiran 7.docx Download (547kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (48kB) |
|
Text
jurnal.docx Download (122kB) |
Abstract
FIDYA SUCI AYU, 2018, Penggunaan Tangram Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Bangun Datar Pada Murid Tunanetra Kelas Dasar III SLB-A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar murid tunanetra pada mata pelajaran matematika, khususnya bangun datar di SLB-A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra Kelas Dasar III di SLB-A YAPTI Makassar melalui penggunaan tangram?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Kemampuan pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar dalam kondisi baseline 1 (A1). (2) Penggunaan tangram dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar dalam kondisi intervensi (B). (3) Penggunaan tangram dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar antar kondisi dari A1 ke B dan B ke A2. (4) Peningkatan kemampuan pemahaman bentuk bangun datar murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar pada kondisi baseline (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan .Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunanetra kelas dasar III SLB-A YAPTI Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penggunaan Tangram dapat meningkatkan pemahaman bentuk bangun datar pada murid tunanetra. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan Tangram dapat meningkatkan pemahaman bentuk bangun datar pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar. Kata kunci: Tangram, Pemahaman Bentuk Bangun Datar, dan Tunanetra
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 00:59 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 00:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22249 |
Actions (login required)
View Item |