PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PENGURANGAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB C YPPLB MAKASSAR

MUFITASARI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PENGURANGAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL HASIL PENELITIAN.docx

Download (42kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 1 sampul.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 3 KISI-KISI INSTRUMEN.docx

Download (18kB)
[img] Text
lampiran 4 i.docx

Download (16kB)
[img] Text
lampiran 4 ii.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 4 pretest dan posttest.docx

Download (25kB)
[img] Text
lampiran 5 data hasil penelitian.docx

Download (16kB)
[img] Text
lampiran 6 (instrumen).docx

Download (46kB)
[img] Text
lampiran 7 dokumentasi.docx

Download (3MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (30kB)
[img] Text
JURNAL MUFITASARI.docx

Download (50kB)

Abstract

Mufitasari, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V Di SLB C YPPLB Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M. Si. dan Dr. Usman, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan operasi penguragan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB C YPPLB Makassar melalui penerapan model pembelajaran langsung. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimanakah kemampuan operasi pengurangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB C YPPLB MAKASSAR sebelum penerapan model pembelajaran langsung, bagaimanakah kemampuan operasi pengurangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB C YPPLB MAKASSAR setelah penerapan model pembelajaran langsung, Apakah terdapat peningkatan kemampuan operasi pengurangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB C YPPLB MAKASSAR melalui model pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui kemampuan operasi pengurangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB C YPPLB Makassar sebelum penerapan model pembelajaran langsung, untuk mengetahui kemampuan operasi pengurangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB C YPPLB Makassar setelah penerapan model pembelajaran langsung, untuk mengetahui peningkatan kemampuan operasi pengurangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB C YPPLB Makassar melalui penerapan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan operasi pengurangan murid. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid Tunagrahita ringan. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebelum penerapan model pembelajaran langsung, kemampuan subjek dalam operasi pengurangan berada pada kategori sangat kurang, dan setelah penerapan model pembelajaran langsung berada pada kategori baik. Secara empiris hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan operasi pengurangan pada murid Tunagrahita kelas dasar V di SLB C YPPLB Makassar. Kata kunci: model pembelajaran langsung dan kemampuan operasi pengurangan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2022 00:20
Last Modified: 22 Feb 2022 00:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22245

Actions (login required)

View Item View Item