PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MELALUI PEMANFAATAN RAK TELUR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII DI SLB NEGERI PINRANG

ASTUTI RESKI PRATAMA (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MELALUI PEMANFAATAN RAK TELUR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII DI SLB NEGERI PINRANG.

[img] Text
1. Judul.docx

Download (40kB)
[img] Text
2. Persetujuan Pembimbing.docx

Download (17kB)
[img] Text
3. surat keaslian skripsi.docx

Download (17kB)
[img] Text
4. Motto dan peruntukan.docx

Download (16kB)
[img] Text
5. Abstrak.docx

Download (21kB)
[img] Text
6.Prakata.docx

Download (22kB)
[img] Text
7. daftar isi.docx

Download (27kB)
[img] Text
9. daftar gambar.docx

Download (16kB)
[img] Text
10 . daftar grafik.docx

Download (18kB)
[img] Text
11. daftar lampiran.docx

Download (17kB)
[img] Text
12 . BAB 1.docx

Download (27kB)
[img] Text
13. BAB 2.docx

Download (343kB)
[img] Text
14. BAB 3.docx

Download (204kB)
[img] Text
15. BAB 4.docx

Download (258kB)
[img] Text
16 . BAB 5.docx

Download (21kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
18 . lamp. INSTRUMEN PENELITIAN tuti.docx

Download (685kB)
[img] Text
19 .lamp.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN baseline.docx

Download (847kB)
[img] Text
20. data hasil tes siswa a-b-a.docx

Download (1MB)
[img] Text
21 . RIWAYAT HIDUP-1.docx

Download (38kB)
[img] Text
jurnal Astuti.docx

Download (40kB)

Abstract

ASTUTI RESKI PRATAMA, 2018. Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Melalui Pemanfaatan Rak Telur Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII di SLB Negeri Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina M.Si dan Dr. H. Syamsuddin ,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang siswa tunagrahita ringan yang masih kurang dalam proses pembelajaran matematika terutama dalam hal melakukan penjumlahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan hasil belajar penjumlahan melalui pemanfaatan rak telur pada analisis dalam kondisi dan bagaimanakah hasil belajar penjumlahan melalui pemanfataan media rak telur dalam analisis antar kondisi. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil penjumlahan melalui pemanfaatan media rak telur pada analisis dalam kondisi dan untuk mengetahui peningkatan hasil penjumlahan melalui pemanfaatan media rak telur pada analisis antar kondisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa tunagrahita ringan kelas VII. teknik penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik Kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk persentase, grafik dan mean. Pada kondisi baseline 1 (A1) dalam meningkatkan hasil penjumlahan siswa tunagrahita kelas VII di SLB Negeri Pinrang mulai dari sesi pertama sampai sesi ke empat memperoleh nilai 30 dianggap masih kurang mampu dalam melakukan penjumlahan. Pada kondisi Intervensi (B) dalam meningkatkan hasil penjumlahan siswa tunagrahita kelas VII di SLB Negeri Pinrang meningkat jika di bandingkan dengan kondisi baseline 1 (A1). Mulai dari sesi lima sampai dengan sesi dua belas dengan nilai berkisar antara 50 sampai 80 .Pada kondisi baseline 2 (A2) dalam meningkatkan hasil penjumlahan siswa tunagrahita kelas VII di SLB Negeri Pinrang, mulai dari sesi tiga belas sampai sesi enam belas dianggap baik dengan perolehan nilai berkisar antara 80 sampai 90.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:34
Last Modified: 21 Feb 2022 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22242

Actions (login required)

View Item View Item