PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLB NEGERI BARRU

ADE MAGFIRA A (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLB NEGERI BARRU.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (685kB)

Abstract

Ade Magfira A, 2018 Peningkatan Kemampuan Kosakata menggunakan Media Popup Book pada Anak Tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru. Skripsi dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M. Kes dan Dr. Mustafa, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya penguasaan kosakata anak tunarungu di SLB Negeri Barru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatkan kemampuan kosakata menggunakan media Pop-up Book pada anak tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru pada analisis dalam kondisi? dan Bagaimana peningkatkan kemampuan kosakata menggunakan media Pop-up Book pada anak tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru pada analisis antar kondisi?” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan kosakata anak tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru pada kondisi baseline 1; (2) Kemampuan kosakata anak tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru pada kondisi intervensi; (3) Kemampuan kosakata anak tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru pada kondisi baseline 2; (4) Kemampuan kosakata anak tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru pada analisis antar kondisi dari baseline 1 ke intervensi; dan (5) Kemampuan kosakata anak tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru pada analisis antar kondisi dari intervensi ke baseline 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang anak tunarungu Kelas Dasar III SLB Negeri Barru berinisial MAF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan kosakata benda anak tunarungu meningkat ditunjukkan dari bertambahnya skor yang didapatkan oleh anak pada hasil tes baseline 2 dibandingkan dengan hasil tes pada baseline 1 atau setelah diberikan intervensi menggunakan media pop-up book. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:27
Last Modified: 21 Feb 2022 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22241

Actions (login required)

View Item View Item