PENGARUH PERMAINAN BOCCE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNA GRAHITA SEDANG PADA SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK - PLK

MUH. ANUGERAH RAJA AMIN (2022) PENGARUH PERMAINAN BOCCE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNA GRAHITA SEDANG PADA SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK - PLK.

[img] Text
MUH. ANUGERAH RAJA AMIN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (504kB)

Abstract

MUH. ANUGERAH RAJA AMIN, 2018. Skripsi Pengaruh Permainan Bocce Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Sedang di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel Sentra PK - PLK. Dibimbing oleh Dr.Bastiana M.Si dan Dra. Hj. Kasmawati, M.Si.. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Permainan bocce dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada murid tunagrahita sedang di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sentra PK - PLK. Adapun rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana kemampuan motorik kasar pada anak tunagrahita sedang di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK - PLK sebelum diberikan permainan bocce? (2) Bagaimana kemampuan motorik kasar pada anak tunagrahita sedang SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK - PLK setelah dberikan permainan bocce? (3) Apakah ada pengaruh pernainan bocce terhadap peningkatan motorik kasar anak tunagrahita sedang di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK - PLK?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan motorik kasar pada anak tunagrahita sedang di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK - PLK sebelum diberikan permainan bocce. (2) Untuk mengetahui kemampuan motorik kasar pada anak tunagrahita sedang SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK - PLK setelah dberikan permainan bocce. (3) Untuk mengetahui pengaruh pernainan bocce terhadap peningkatan motorik kasar anak tunagrahita sedang di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK - PLK. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, dengan cara melakukan perlakuan untuk melihat pengaruh dari permainan bocce dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita, juga menggambarkan pengaruh permainan bocce sebelum dan setelah diberikan kepada anak tunagrahita sedang di SLBN pemina tingkat provinsi Sul-Sel Sentra PK - PLK. Penelitian yang digunakan adalah ” One Group Pretest - posttest”. Dengan menggunakan jenis tersebut di atas sebelum diberikan perlakuan dengan pemansan ringan untuk mengukur kemampuan awal murid tunagrahita sedang di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel , setelah itu di berikan permainan bocce sebagai perlakuan untuk melatih motorik kasar. Kemudian dilakukan pengukuran perubahan kemampuan motorik kasar pada murid tunagrahita yang di sebut sebagai test akhir .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:23
Last Modified: 21 Feb 2022 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22240

Actions (login required)

View Item View Item