MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KWL (KNOW WANT TO LEARN) PADA MURID TUNADAKSA KELAS IV DI SLB NEGERI SIDENRENG RAPPANG

KURNIAWAN SANDY NAJA (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KWL (KNOW WANT TO LEARN) PADA MURID TUNADAKSA KELAS IV DI SLB NEGERI SIDENRENG RAPPANG.

[img] Text
00 SAMPUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
01 SAMPUL DALAM.docx

Download (32kB)
[img] Text
02 Persetujuan Pembimbing.docx

Download (691kB)
[img] Text
03 Lembar Pengesahan.docx

Download (813kB)
[img] Text
04 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (23kB)
[img] Text
05 MOTO.docx

Download (22kB)
[img] Text
06 ABSTRAK.docx

Download (24kB)
[img] Text
07 PRAKATA.docx

Download (28kB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
PEMBATAS LAMPIRAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (4MB)

Abstract

KURNIAWAN SANDY NAJA, 2018. Skripsi dengan judul Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi KWL (Know Want To Learn) Pada Murid Tunadaksa Kelas IV SLB Negeri Sidenreng Rappang. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M. Si dan Dra. Tatiana Meidina M. Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah pada murid tunadaksa kurang mampu membaca pemahaman sehingga belum mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar di Kelas IV SLB Negeri Sidenreng Rappang. Rumusan masalah adalah apakah strategi KWL (know want to learn) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid tunadaksa kelas IV di SLB Negeri Sidenreng Rappang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan strategi KWL (know want to learn) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada murid tunadaksa kelas IV di SLB Negeri Sidenreng Rappang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu untuk memperoleh gambaran peningkatkan kemampuan murid tunadaksa kelas IV di SLB Negeri Sidenreng Rappang sebelum dan sesudah menerapkan penggunaan Strategi KWL. Subjek dalam penelitian adalah murid kelas IV tunadaksa di SLB Negeri Sidenreng Rappang yang berjumlah satu orang murid. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, analisis ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan membaca pemahaman murid tunadaksa sebelum menggunakan strategi KWL bahwa anak tunadaksa di SLB Negeri Sidenreng Rappang masih sangat sulit memahami dalam hal membaca pemahaman. Kemudian setelah menggunakan strategi KWL murid tunadaksa tersebut mengalami perkembangan yang sangat baik dalam memahami membaca pemahaman. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan strategi KWL dapat meningkatkan membaca pemahaman murid tunadaksa kelas IV di SLB Negeri Sidenreng Rappang..

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:19
Last Modified: 21 Feb 2022 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22239

Actions (login required)

View Item View Item