PENINGKATAN KEMAMPUAN KOORDINASI GERAK MELALUI LATIHAN JASMANI PADA MURID TUNADAKSA KELAS DASAR IV DI SLB PKLK NEGERI BONDE-BONDE KABUPATEN MAJENE

HARLY WIBIANTO (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOORDINASI GERAK MELALUI LATIHAN JASMANI PADA MURID TUNADAKSA KELAS DASAR IV DI SLB PKLK NEGERI BONDE-BONDE KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
FILE LENGKAP PDF.pdf

Download (6MB)
[img] Text
JURNAL Harly Wibianto.docx

Download (81kB)

Abstract

Harly Wibianto, 2018.Peningkatan Kemampuan Koordinasi Gerak Melalui Latihan Jasmani Anak Tunadaksa Kelas dasar IV Di SLB PKLK Negeri Bonde-bonde Kabupaten Majene. Skripsi Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abd. Hadis, M.Pd dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasssar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan koordinasi gerak anak tunadaksa Kelas Dasar IV di SLB PKLK Negeri Bonde-bonde Kabupaten Majene. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah meningkatkan kemampuan kordinasi gerak melalui latihan jasmani pada murid tunadaksa Kelas Dasar IV di SLB PKLK Negeri Bonde-bonde Kabupaten Majene ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kordinasi gerak melalui latihan jasmani pada murid tunadaksa Kelas Dasar IV di SLB PKLK Negeri Bonde-bonde Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain one-group pretes-posttest design yang mengkaji tentang peningkatan kemampuan koordinasi gerak melalui latihan jasmani pada anak. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 2 (dua) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan yang diberikan kepada anak sebelum dan sesudah perlakuan. Tes ini dimaksudkan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan koordinasi gerak. Teknik analisis data analisis deskriptif kuantitatif yang dilakukan terhadap nilai kemampuan kordinasi gerak yang diperoleh anak tunadaksa baik sebelum dan sesudah penerapan latihan jasmani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kemampuan kordinasi gerak anak tunadaksa sebelum penerapan latihan jasmani dalam kategori kurang, sedangkan setelah penerapan latihan jasmani dalam kategori baik. Artinya penerapan latihan jasmani dapat meningkatkan kemampuan kordinasi gerak anak tunadaksa kelas dasar IV.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:10
Last Modified: 21 Feb 2022 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22238

Actions (login required)

View Item View Item