IMPLEMENTASI TERAPI SENSORI INTEGRASI (SI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL ANAK AUTIS KELAS II DI SEKOLAH INKLUSI QUONTUM BRINE YAYASAN AMANAH INAYAH

RAFIDAH AZIZAH (2022) IMPLEMENTASI TERAPI SENSORI INTEGRASI (SI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL ANAK AUTIS KELAS II DI SEKOLAH INKLUSI QUONTUM BRINE YAYASAN AMANAH INAYAH.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (31kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING tutup.docx

Download (60kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

RAFIDAH AZIZAH, 2018. Implmentasi Terapi Sensori Integrasi terhadap kmampuan komunikasi verbal anak autis kelas II di sekolah inklusi Quontum Brine yayasan amanah inayah. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Peneliti menelaah pengimplementasian terapi sensori integrasi terhadap kemampuan komunikasi verbal anak autis kelas II di sekolah inklusi Quontum Brine yayasan amanah inayah rumusan masalahnya adalah “Bagaimana kemampuan komunikasi verbal anak autis kelas II di sekolah inklusi quantum brine melalui implementasi terapi senori integrasi ?” terapi sensori integrasi ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi verbal anak autis kelas II di sekolah inklusi quantum brine. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Singgle Subject Research) data di kumpulkan dengan tehnik tes perbuatan, dan dokumentasi subjek penelitian di lakukan sebanyak satu orang murid. Dalam penelitian subjek tunggal terfokus pada data individu, yang bertujuan untuk melihat data tidak efek variable bebas atau intervensi terhadap variable terikat atau perilaku sasaran (target behavior). Hasil peneliian ini menunjukan bahwa (1) pada Baseline 1 (A1) di peroleh skor 6 pada sesi pertama, skor 7 pada sesi ke dua, skor 6 pada sesi ke tiga dan skor 7 pada sesi ke empat ia tidak mampu melakukan kegiatan dan sesi berikutnya anak mampu melakukan walaupun masih dengan arahan dan bantuan yang di berikan (2) keterampilan melaksanakan perintah pada intervensi (B) pengimplementasian terapi sensori integrasi pada siswa autis kelas II di sekolah inklusi quantum brine menunjukan peningkatan (3) terdapat peningkatan terhadap kemampuan komunikasi verbal melalui implementasi terapi sensori integrasi anak autis kelas II di sekolah inklusi kuontum brine. Sungguhpun pada fase jeda A2 siswa menunjukan sedikit penurunan di banding pada vase intervensi B. akan tetapi masih ada kecendrungan hasil yang menaik secara signifikan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:03
Last Modified: 21 Feb 2022 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22236

Actions (login required)

View Item View Item