PEMANFAATAN CERMIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN VOKAL PADA ANAK TUNARUNGU BERAT KELAS DASAR II SLB-YPPLB CENDRAWASIH

MARIA YOSELIKA GHEDE RUBA (2022) PEMANFAATAN CERMIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN VOKAL PADA ANAK TUNARUNGU BERAT KELAS DASAR II SLB-YPPLB CENDRAWASIH.

[img] Text
MARIA YOSELIKA GHEDE RUBA.pdf

Download (2MB)

Abstract

MARIA YOSELIKA GHEDE RUBA. 2017. “Pemanfaatan Cermin Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Huruf Vokal Anak Tunarungu Kelas Dasar II SLB-B YPPLB Cendrawasih” Skripsi di bimbing oleh Prof.Dr.H. Abdul Hadis,M.Pd dan Drs. Mustafa,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pengucapan huruf vokal pada anak tunarungu kelas dasar II SLB-B YPPL Cendrawasih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimanakah pemanfaatan cermin dalam meningkatkan kemampuan pengucapan huruf vocal pada anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Cendrawasih? 2)Bagaimanakah kemampuan pengucapan huruf vocal pada anak tunarungu kelas dasar II SLB-B YPPLB Cendrawasih sebelum dan sesudah pemanfaatan cermin? 3)Apakah ada peningkatan kemampuan pengucapan huruf vocal anak tunarungu kelas dasar II SLB-B YPPLB Cendrawasih melalui pemanfaatan cermin? Penelitian ini bertujuan 1)Untuk mendeskripsikan pemanfaatan cermin dalam meningkatkan kemampuan pengucapan huruf vocal anak tunarungu kelas dasar II ? 2)Untuk mendeskripsikan kemampuan pengucapan huruf vocal pada anak tunarungu kelas dasar II SLB-B YPPLB Cendrawasih sebelum dan sesudah pemanfaatan cermin? 3)Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan pengucapan huruf vokal pada anak tunarungu kelas dasar II melalui pemanfaatan cermin?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun subjek penelitian sebanyak 2 orang anak tunarungu kelas dasar II. Pengumpulan data yaitu dengan tes, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Kemampuan peengucapan huruf vokal pada anak tunarungu kelas dasar II berada pada kategori kurang mampu,kemudian kemampuan pengucapan huruf vokal pada anak tunarungu kelas dasar II setelah pemanfaatan cermin berada pada kategori baik, dan terdapat peningkatan kemampuan pengucapan huruf vokal melalui pemanfaatan cermin. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan cermin dapat meningkatkan kemampuan pengucapan huruf vokal pada anak tunarungu kelas dasar II di SLB-BYPPLB Cendrawasih

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:46
Last Modified: 21 Feb 2022 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22228

Actions (login required)

View Item View Item