PENGGUNAAN METODE DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI WONOMULYO

SATRIA ASDAR (2022) PENGGUNAAN METODE DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI WONOMULYO.

[img] Text
SKRIPSI SATRIA ASDAR.docx

Download (19MB)

Abstract

Satria Asdar 2017. Penggunaan Metode Discovery Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar IV di SLB Negeri Wonomulyo. Skripsi dibimbing oleh Drs.Djoni Rosyidi, M.Pd dan Drs.A. Budiman,M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Wonomulyo. Adapun rumusan masalah : Bagaimanakah hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Wonomulyo setelah Penggunaan metode discovery ? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah 1. Hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Wonomulyo pada kondisi baseline 1 (A1) 2. Hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Wonomulyo pada kondisi intervensi (B) 3. hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Wonomulyo setelah penerapan metode discovery pada kondisi baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan atau tes kinerja.Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa tunarungu kelas dasar IV yang berinisial TA. Salah satu metode penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistic deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk presentase, grafik dan mean. Hasil penelitian yang dicapai pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebelum penggunaan metode discovery pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Wonomulyo menunjukkan kategori kurang kemudian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah penggunaan metode discovery pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Wonomulyo menunjukkan kategori baik dan terdapat peningkatan peningkatan terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam penggunaan metode discovery .Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:22
Last Modified: 21 Feb 2022 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22225

Actions (login required)

View Item View Item