PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASISI TASK ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI PADA ANAK AUTIS DI KELAS 3 SLB NEGERI POLEWALI

WARNA ADRIANI (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASISI TASK ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI PADA ANAK AUTIS DI KELAS 3 SLB NEGERI POLEWALI.

[img] Text
BAGIAN AWAL PDF.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I BARU.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II BARU.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III BARU.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV baru.docx

Download (132kB)
[img] Text
BAB V baru.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN PDF.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PDF.pdf

Download (53kB)
[img] Text
JURNAL WARNA ADRIANI, PDF.pdf

Download (231kB)

Abstract

WARNA ADRIANI, 2018. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Task Analysis dalam Meningkatkan Kemampuan Bina diri Memakai Sepatu Bertali pada Anak Autis Kelas dasar 3 di SLB Negeri Polewali” Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M.Si dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan indentifikasi masalah dalam penelitian ini ditemukan seorang anak autis yang belum mandiri dalam hal memakai sepatu bertali di SLB Negeri Polewali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan pembelajaran berbasis task analysis dapat meningkatkan kemampuan bina diri memakai sepatu bertali pada anak autis di kelas 3 SLB Negeri Polewali. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan bina diri memakai sepatu bertali pada anak autis di kelas 3 SLB Negeri Polewali melalui penerapan pembelajaran berbasis task analysis. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dalam bentuk single subyek research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak autis kelas 3 SLB Negeri Polewali. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi yang disajikan dengan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memakai sepatu bertali subjek pada fase baseline 1 tanpa adanya tindakan diperolah nilai yang berada pada kategori kurang dan setelah diberi intervensi berupa penerapan pembelajaran berbasis task analysis, kemampuan memakai sepatu bertali subjek menunjukkan peningkatan yaitu nilai yang diperoleh berada pada kategori cukup, selanjutnya pada fase baseline 2 yaitu setelah penerapan pembelajaran berbasis task analysis dan tanpa diberikan intervensi, kemampuan memakai sepatu bertali subjek meningkat dan berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran berbasis task analysis dapat meningkatkan kemampuan binadiri memakai sepatu bertali pada anak autis kelas dasar 3 di SLB Negeri Polewali.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:45
Last Modified: 21 Feb 2022 03:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item View Item