PENGGUNAAN MEDIA BATANG CUISENAIRE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG DASAR PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB NEGERI POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

HARIANTI (2022) PENGGUNAAN MEDIA BATANG CUISENAIRE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG DASAR PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB NEGERI POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
1 sampul.pdf

Download (24kB)
[img] Text
pembimbing.pdf

Download (14kB)
[img] Text
pengesahan ujian skripsi.pdf

Download (26kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi, motto, prakata.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Bab I revisi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
bab II revisi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
bab III revisi.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV anti.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
daftar pustaka revisi.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 dan 2.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Lampiran 3.pdf

Download (88kB)
[img] Text
lampiran 4,5,6.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Lampiran 7.pdf

Download (33kB)
[img] Text
PERSURATAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18kB)

Abstract

HARIANTI, 2017. Penggunaan Media Batang Cuisenaire Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Dasar Penjumlahan Pada Siswa Tunarungu Kelas Dasar II Di Negeri Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Murni, M.Hum dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan berhitung mengakibatkan kurangnya pemahaman konsep operasi hitung dasar penjumlahan pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep operasi hitung dasar penjumlahan melalui media batang cuisenaire pada siswa Tunarungu kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah “mengetahui Peningkatan pemahaman konsep operasi hitung dasar penjumlahan melalui media batang cuisenaire pada siswa Tunarungu kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian dengan subjek tunggal (single subject research), yaitu penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perlakuan atau tes kinerja. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa tunarungu kelas Dasar II yang berinisial A.Teknik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep operasi hitung dasar penjumlahan menunjukkan kategori kurang kemudian pemahaman konsep operasi hitung dasar penjumlahan setelah penggunaan media batang cuisenaire pada siswa tunarungu kelas Dasar II menunjukkan kategori baik dan terdapat peningkatan terhadap pemahaman konsep operasi hitung dasar penjumlahan melalui penggunaan media batang cuisenaire. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media batang cuisenaire dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung dasar penjumlahan pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Polewali Kabupaten Polewali Mandar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:07
Last Modified: 21 Feb 2022 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22214

Actions (login required)

View Item View Item