PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLB NEGERI POLEWALI

HASURI S (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLB NEGERI POLEWALI.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (17kB)
[img] Text
SAMPUL DALAM.pdf

Download (16kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (541kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (455kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
MOTO DAN PERUNTUKKAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
PRAKATA.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR GRAFIK.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.PENDAHULUAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB III.METODE PENELITIAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.HASIL PENELITIAN.docx

Download (382kB)
[img] Text
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] Text
SAMPUL LAMPIRAN.docx

Download (41kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (5MB)
[img] Text
INSTRUMEN PENELITIAN.docx

Download (416kB)
[img] Text
PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI).pdf

Download (40kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8kB)

Abstract

HASURI S, 2017. “Pengaruh Penggunaan Teknik Latihan Graphomotor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Cerebral Palsy Kelas Dasar II Di SLB Negeri Polewali”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M. Si dan Dra. Tatiana Meidina, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini yaitu anak cerebral palsy masih kesulitan menulis permulaan di tingkatan Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali pada kondisi baseline 1 (A1)?. 2. Bagaimana gambaran kemampuan menulis anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali pada kondisi intervensi (B)?. 3. Bagaimanakah gambaran kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali pada kondis baseline 2 (A2)?. 4. Apakah ada pengaruh penggunaan teknik latihan graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik latihan Graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak Cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Single Subject Research (SSR) yaitu penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah M. Teknik analisis data ialah analisis deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan menulis anak pada kondisi baseline-1 (A1) penggunaan teknik latihan Graphomotor berada pada kategori rendah kemudian pada kondisi baseline-2 (A2), terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan teknik latihan Graphomotor berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak cerebral palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Polewali.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:52
Last Modified: 21 Feb 2022 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22213

Actions (login required)

View Item View Item