RIZKHA AMALIYAH DG. PAWATA (2022) PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNADAKSA KELAS DASAR II DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR.
Text
SAMPUL 1.pdf Download (17kB) |
|
Text
sampul 2.pdf Download (19kB) |
|
Text
IMG_20180118_0012.pdf Download (530kB) |
|
Text
IMG_20180118_0011.pdf Download (458kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (6kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERUNTUKKAN.pdf Download (9kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
PRAKATA.pdf Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (6kB) |
|
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (6kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (14kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (37kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PIKIR.pdf Download (72kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (48kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN.pdf Download (718kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (12kB) |
|
Text
INSTRUMEN PENELITIAN.pdf Download (45kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.pdf Download (122kB) |
|
Text
IMG_20180118_0009.pdf Download (705kB) |
|
Text
IMG_20180118_0010.pdf Download (602kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18kB) |
|
Text
sampul jurnal.pdf Download (9kB) |
|
Text
RIZKHA jurnal.pdf Download (154kB) |
Abstract
RIZKHA AMALIYAH DG.PAWATA, 2018. Penerapan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Tunadaksa Kelas Dasar II Di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. H. Syamsuddin, M.Si dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang anak tunadaksa yang mengalami kekurang mampuan dalam menulis permulaan dengan baik di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan finger painting pada anak tunadaksa di SD Inpres Maccini Baru Makassar (2) bagaimanakah kemampuan menulis permulaan anak tunadaksa pada kondisi baseline 1 (A1), intrevensi (B) dan baseline 2 (A2) di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) penerapan finger painting (2) kemampuan menulis anak tunadaksa pada baseline 1 (A1), intervensi (B) dan baseline 2 (A2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan metode penelitian subjek tunggal atau (single subject research), yaitu penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subjek penelitiannya. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunadaksa kelas II di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Tehnik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Penerapan finger painting yang dilakukan sebanyak 8 kali menunjukkan bahwa finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak tunadaksa kelas dasar II DI SD Inpres Maccini Baru Makassar. Penerapan finger painting juga memberikan pengaruh pada kemampuan menulis anak tunadaksa hal ini dtunjukkan dengan perolehan skor yang diperoleh anak meningkat disetiap kondisi baik Baseline 1 (A1) yaitu 12-13, Intervensi (B) yaitu 12-15, dan Baseline 2 (A2) 14-15
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 07:29 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 07:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22203 |
Actions (login required)
View Item |