PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNADAKSA KELAS DASAR II DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR

RIZKHA AMALIYAH DG. PAWATA (2022) PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNADAKSA KELAS DASAR II DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.pdf

Download (17kB)
[img] Text
sampul 2.pdf

Download (19kB)
[img] Text
IMG_20180118_0012.pdf

Download (530kB)
[img] Text
IMG_20180118_0011.pdf

Download (458kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERUNTUKKAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
PRAKATA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PIKIR.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12kB)
[img] Text
INSTRUMEN PENELITIAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
IMG_20180118_0009.pdf

Download (705kB)
[img] Text
IMG_20180118_0010.pdf

Download (602kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18kB)
[img] Text
sampul jurnal.pdf

Download (9kB)
[img] Text
RIZKHA jurnal.pdf

Download (154kB)

Abstract

RIZKHA AMALIYAH DG.PAWATA, 2018. Penerapan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Tunadaksa Kelas Dasar II Di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. H. Syamsuddin, M.Si dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang anak tunadaksa yang mengalami kekurang mampuan dalam menulis permulaan dengan baik di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan finger painting pada anak tunadaksa di SD Inpres Maccini Baru Makassar (2) bagaimanakah kemampuan menulis permulaan anak tunadaksa pada kondisi baseline 1 (A1), intrevensi (B) dan baseline 2 (A2) di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) penerapan finger painting (2) kemampuan menulis anak tunadaksa pada baseline 1 (A1), intervensi (B) dan baseline 2 (A2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan metode penelitian subjek tunggal atau (single subject research), yaitu penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subjek penelitiannya. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunadaksa kelas II di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Tehnik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Penerapan finger painting yang dilakukan sebanyak 8 kali menunjukkan bahwa finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak tunadaksa kelas dasar II DI SD Inpres Maccini Baru Makassar. Penerapan finger painting juga memberikan pengaruh pada kemampuan menulis anak tunadaksa hal ini dtunjukkan dengan perolehan skor yang diperoleh anak meningkat disetiap kondisi baik Baseline 1 (A1) yaitu 12-13, Intervensi (B) yaitu 12-15, dan Baseline 2 (A2) 14-15

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 07:29
Last Modified: 18 Feb 2022 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22203

Actions (login required)

View Item View Item