PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAKAI JILBAB PASANG PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DASAR III DI SLBN PAKKANREBETE KABUPATEN SOPPENG

WULANDARI SAFITRI (2022) PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAKAI JILBAB PASANG PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DASAR III DI SLBN PAKKANREBETE KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1 SAMPUL LUAR.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2 daftar isi.pdf

Download (64kB)
[img] Text
3 bab 1 2 3 4 5 dan lampiran.pdf

Download (473kB)
[img] Text
PERSURATAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL WULANDARI.pdf

Download (117kB)

Abstract

WULANDARI SAFITRI, 2017. Penerapan metode forward chaining dalam meningkatkan keterampilan memakai jilbab pasang pada anak tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng. Skripsi Dibimbing oleh Drs.H.Syamsuddin.M.Si dan Dr.Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan dalam memakai jilbab pasang pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimanakah keterampilan memakai jilbab pasang pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete sebelum diterapkan metode forward chaining ? 2.) Bagaimanakah keterampilan memakai jilbab pasang pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete setelah diterapkan metode forward chaining ? 3.) Apakah ada peningkatan keterampilan memakai jilbab pasang melalui metode forward chaining pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete ? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui keterampilan memakai jilbab pasang sebelum penerapan metode forward chaining pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete 2.) Untuk mengetahui keterampilan memakai jilbab pasang setelah penerapan metode forward chaining pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete 3.) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan memakai jilbab pasang pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete melalui metode forward chaining. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningatan keterampilan memakai jilbab pasang sebelum dan setelah menggunakan metode forward chaining pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita sedang kelas dasar III yang berjumlah satu orang . Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan memakai jilbab pasang murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng sebelum penerapan metode forward chaining berada dalam kategori kurang mampu. Sedangkan hasil keterampilan memakai jilbab pasang murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng setelah penerapan forward chaining berada dalam kategori sangat mampu. Artinya anak mampu dalam memakai jilbab pasang pada murid tunagrahita sedang kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng setelah penerapan metode forward chaining

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:58
Last Modified: 18 Feb 2022 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item