ANIS MUNIROH (2022) PENERAPAN LATIHAN SENSORIMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA ANAK AUTIS DI KELAS PERSIAPAN SLB NEGERI PAREPARE.
Text
sampull.docx Download (21kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (40kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (15kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR GRAFIK.docx Download (16kB) |
|
Text
daftar gambar.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (19kB) |
|
Text
bab I.docx Download (29kB) |
|
Text
bab II.docx Download (38kB) |
|
Text
bab III - Copy.docx Download (36kB) |
|
Text
Bab IV - Copy.docx Download (103kB) |
|
Text
bab V.docx Download (19kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (20kB) |
|
Text
BASELINE A1.docx Download (24kB) |
|
Text
BASELINE A2.docx Download (24kB) |
|
Text
INTERVENSI B.docx Download (38kB) |
|
Text
instrumen.docx Download (40kB) |
|
Text
lampiran 78.docx Download (15kB) |
|
Text
lampiran dokumentasi.docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (48kB) |
|
Text
Jurnalku.docx Download (184kB) |
Abstract
ANIS MUNIROH, 2017. “Penerapan Latihan Sensorimotor Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Pada Anak Autis di Kelas Persiapan SLB Negeri Parepare” Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd dan Dr. Bastiana. M,Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu anak autis yang mengalami kekurangmampuan dalam menulis huruf dengan tidak jelas bentuk hurufnya dan sulit dibaca di SLB Negeri Parepare. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan latihan sensorimotor dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak autis di SLB Negeri Parepare?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis huruf melalui penerapan latihan sensorimotor pada anak autis di kelas persiapan SLB Negeri Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian dengan subyek tunggal (single subyek research), yaitu penelitian yang dilakukan pada satu orang saja sebagai subyek penelitiannya. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak autis di kelas persiapan SLB Negeri Parepare. Tehnik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antara kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan menulis subyek pada baseline (A1), tanpa penerapan latihan sensorimotor berada pada kategori kurang baik kemudian pada kondisi intervensi pembelajaran melalui penerapan latihan sensorimotor menunjukkan peningkatan dan pada kondisi baseline (A2) pengaruh penerapan latihan sensorimotor terjadi peningkatan kemampuan menulis huruf pada anak autis di kelas persiapan SLB Negeri Parepare yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan latihan sensorimotor dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak autis di kelas persiapan SLB Negeri Parepare
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 06:51 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 06:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22201 |
Actions (login required)
View Item |