ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN BERBASIS KATA LEMBAGA MELALUI KERTAS BERGARIS PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB 2 MAKASSAR

Ari Ashari (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN BERBASIS KATA LEMBAGA MELALUI KERTAS BERGARIS PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB 2 MAKASSAR.

[img] Text
Sampul luar.docx

Download (53kB)
[img] Text
Sampul dalam.docx

Download (42kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (7MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)
[img] Text
Jurnal.docx

Download (123kB)

Abstract

Ari Ashari, 2017. Penggunaan Media Kertas bergaris berbasis kata lembaga Dalam Meningkatkan Kemampuan menulis Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLB C YPPLB 2 Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Agus Marsidi, M. Si. dan Dr. Usman, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid Tunagrahita memiliki kemampuan menulis permulaan yang rendah di kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media kertas bergaris berbasis kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan murid Tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar. Berdasarkan pada masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan melalui media kertas bergaris berbasis kata lembaga kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 makasasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar yang berjumlah dua murid. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan menulis permulaan sebelum penerapan media kertas bergaris berada pada kategori kurang. Kemudian setelah penerapan media kertas bergaris berbasis kata lembaga terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid Tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan media kertas bergaris berbasis kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada murid Tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:36
Last Modified: 18 Feb 2022 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item View Item