Ari Ashari (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN BERBASIS KATA LEMBAGA MELALUI KERTAS BERGARIS PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB 2 MAKASSAR.
Text
Sampul luar.docx Download (53kB) |
|
Text
Sampul dalam.docx Download (42kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (67kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (7MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (37kB) |
|
Text
Jurnal.docx Download (123kB) |
Abstract
Ari Ashari, 2017. Penggunaan Media Kertas bergaris berbasis kata lembaga Dalam Meningkatkan Kemampuan menulis Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLB C YPPLB 2 Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Agus Marsidi, M. Si. dan Dr. Usman, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid Tunagrahita memiliki kemampuan menulis permulaan yang rendah di kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media kertas bergaris berbasis kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan murid Tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar. Berdasarkan pada masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan melalui media kertas bergaris berbasis kata lembaga kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 makasasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar yang berjumlah dua murid. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan menulis permulaan sebelum penerapan media kertas bergaris berada pada kategori kurang. Kemudian setelah penerapan media kertas bergaris berbasis kata lembaga terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid Tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan media kertas bergaris berbasis kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada murid Tunagrahita kelas dasar III di SLB C YPPLB 2 Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 06:36 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 06:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22200 |
Actions (login required)
View Item |