PENERAPAN TEKNIK DISCREAT TRIAL TRAINING (DTT) DALAM MELATIH KETERAMPILAN MELAKSANAKAN PERINTAH PADA ANAK AUTIS KELAS 3.C DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR

MUH TASYRIK ADAM (2022) PENERAPAN TEKNIK DISCREAT TRIAL TRAINING (DTT) DALAM MELATIH KETERAMPILAN MELAKSANAKAN PERINTAH PADA ANAK AUTIS KELAS 3.C DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR.

[img] Text
MUH TASYRIK ADAM.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal ikhyy.pdf

Download (917kB)

Abstract

MUH TASYRIK ADAM, 2017. Penerapan Teknik Dicreat Trial Training Dalam Melatih Keterampilan Melaksanakan Perintah Pada Anak Autis Kelas 3.C di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Usman, M.Si dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid autis yang memiliki kemampuan melaksanakan perintah yang masih kurang,. Murid masih kurang merespon perintah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan teknik Discreat Trial Training (DTT) dapat melatih Kemampuan melaksanakan perintah Pada Anak Autis kelas 3.C di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan keterampilan melaksanakan perintah pada anak autis kelas 3.C di SDIT Nurul Fikri Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan atau tes kinerja. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa Autis kelas 3.C. teknik penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B�A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik Kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk persentase, grafik dan mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan melaksanakan perintah anak sebelum penerapan Teknik DTT pada siswa Autis kelas 3.C menunjukkan kategori kurang kemudian keterampilan melaksanakan perintah setelah penerapan teknik DTT pada siswa Autis kelas 3.C menunjukkan kategori baik dan terdapat peningkatan terhadap keterampilan melaksanakan perintah melalui penerapan teknik DTT. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan Teknil DTT dapat meningkatkan keterampilan melaksanakan perintah pada anak autis kelas 3.C di SDIT Nurul Fikri Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:26
Last Modified: 18 Feb 2022 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22199

Actions (login required)

View Item View Item