PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI LATIHAN MOTORIK HALUS PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLBN MACCINI BAJI KABUPATEN MAROS

A. MUHAMMAD ILHAM BUDIANDA. J (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI LATIHAN MOTORIK HALUS PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLBN MACCINI BAJI KABUPATEN MAROS.

[img] Text
ILHAM.pdf

Download (14MB)

Abstract

A.Muhammad Ilham Budianda.J , 2017. Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui latihan morotik halus pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLBN Maccini Baji Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing Dr. Mustafa M.Si dan Dra.Hj.St.Kasmawati,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu murid Cerebral Palsy yang sudah memiliki kemampuan dalam mengenal huruf namun dalam hal menuliskan kembali huruf masih kurang, mengenai detail huruf dalam penulisan pun kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran kemampuan menulis permulaan murid Cerebral Palsy di SLBN Maccini Baji Kabupaten Maros setelah diberikan latihan motorik halus secara berulang ulang. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan murid Cerebral Palsy di SLBN Maccini Baji Kabupaten Maros sesudah diberikan latihan motorik halus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik tes yang dimaksud ialah tes menulis yang dilakukan dua kali yaitu tes awal yang dilakukan sebelum diberikan latihan motorik halus sedangkan tes akhir dilakukan sesudah latihan-latihan motorik halus pada murid Cerebral Palsy. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa Cerebral Palsy kelas II dasar yang berinisial AD dan AA. Dalam rangka pengambilan kesimpulan sehubungan dengan penelitian ini maka untuk analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan pada murid Cerebral Palsy pada kelas dasar II di SLBN Maccini Baji Kabupaten Maros sebelum pemberian latihan motorik halus bahwa kedua murid Cerebral Palsy berdasarkan kategori kemampuan menulis permulaan dikategorikan tidak mampu kemudian kemampuan menulis permulaan pada murid Cerebral Palsy Pada Kelas Dasar II di SLBN Maccini Baji Kabupaten Maros setelah pemberian latihan motorik halus bahwa kedua murid Cerebral Palsy berdasarkan kategori kemampuan menulis permulaan dikategorikan mampu. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa latihan motorik halus dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan murid Cerebral Palsy kelas dasar II di SLBN Maccini Baji Kabupaten Maros

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:26
Last Modified: 18 Feb 2022 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22194

Actions (login required)

View Item View Item