PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

USWA FADIAH KHIRAWATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SKRIPSI USWA FADIAH KHIRAWATI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL USWA FADIAH KHIRAWATI.pdf

Download (562kB)

Abstract

USWA FADIAH KHIRAWATI, 2017. Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Melalui Papan Flanel Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Drs.H.Syamsuddin, M.Si dan Dr.Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar operasi hitung penjumlahan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa masih sangat rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan dengan teknik menyimpan pada penerapan papan flanel pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa ?”. Penelitian ini bertujuan untuk “Mengetahui peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa melalui papan flanel”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjeck dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata kemampuan operasi hitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar III Di SLB Negeri Somba Opu sebelum penggunaan media papan flannel termasuk dalam kategori kurang mampu. Sedangkan setelah melalui penggunaan papan flannel murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu termasuk pada kategori mampu da sangat mampu. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan melalui papan flannel dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:14
Last Modified: 18 Feb 2022 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22192

Actions (login required)

View Item View Item