PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “OUTDOOR LEARNING” DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI POLEWALI KABUPATEN POLMAN

ANGELINA TIKU SAPAN (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “OUTDOOR LEARNING” DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI POLEWALI KABUPATEN POLMAN.

[img] Text
SKRIPSI ANGELINA TIKU SAPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL ANGELINA TIKU SAPAN.pdf

Download (631kB)

Abstract

ANGELINA TIKU SAPAN 2017. Penerapan model pembelajaran “Outdoor Learning” dalam meningkatkan hasill belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali kabupaten Polman. Skripsi dibimbing oleh Drs. H. Syamsuddin. M. Si. Dan Dra. Hj. St. Murni. M. Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakulatas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali kabupaten Polman dikarenakan siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran IPA tersebut. Dalam penelitian adalah murid tunagrahita kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali kabupaten Polman ini tidak dapat mengenali bagian-bagian dari tumbuhan pada pelajaran IPA. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1.)Bagaimanakah proses pembelajaran IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali saat penerapan model pembelalajaran “Outdoor Learning”? 2.)Bagaimanakan hasil belajar IPA pada anak tunagrahita kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali sebelum dan setelah penerapan model pembelaaran “Outdoor Learning” 3).Apakah ada peningkatan hasil belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali setelah menerapkan pembelajaran “outdoor learning”?. Dengan tujuan penelitian ini adalah, 1).Mengetahui hasil belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali sebelum menerapkan pembelajaran “Outdoor Learning “ 2).Mengetahui hasil belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali setelah menerapkan pembelalajaran “Outdoor Learning” 3).Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali setelah menerapkan pembelajaran “Outdoor Learning”. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar IV berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasill belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali kabupaten Polman sebelum penerapan model pembelajaran “Outdoor Learning” berada pada kategori kurang. Sedangkan hasill belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali kabupaten Polman setelah penerapan model pembelajaran “Outdoor Learning” berada pada kategori baik sekali. Artinya ada peningkatan hasill belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Polewali kabupaten Polman.Dari kategori kurang, meningkat menjadi katogori Sangat baik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:09
Last Modified: 18 Feb 2022 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22190

Actions (login required)

View Item View Item