PENERAPAN MEDIA RODA BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MATEMATIKA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLBN SOMBA OPU KAB. GOWA

FITRIANI. (2022) PENERAPAN MEDIA RODA BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MATEMATIKA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLBN SOMBA OPU KAB. GOWA.

[img] Text
SKRIPSI FITRIANI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL FITRIANI.pdf

Download (382kB)

Abstract

FITRIANI. 2017. Penerapan Media Roda Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Matematika Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar II di SLBN Somba Opu. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si. dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Media Roda Bilangan dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan matematika pada murid tunarungu kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kab. Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penjumlahan metamatika melalui penerapan Media Roda Bilangan pada murid tunarungu kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kab. Gowa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 2 murid tunarungu kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kab. Gowa pada tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar penjumlahan matematika pada murid tunarungu kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kab. Gowa sebelum penerapan media roda bilangan termasuk dalam kategori rendah. Kemudian setelah penerapan media roda bilangan pada tes akhir, terdapat peningkatan hasil belajar penjumlahan matematika pada murid tunarungu kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kab. Gowa dan termasuk dalam kategori tinggi. Dengan adanya perbedaan hasil belajar penjumlahan matematika dari sebelum sampai dengan setelah penerapan media roda bilangan maka diindikasikan bahwa ada peningkatan hasil belajar penjumlahan matematika pada murid tunarungu kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kab. Gowa. Artinya dengan penerapan media roda bilangan dalam pembelajaran Matematika, maka hasil belajar penjumlahan matematika pada murid tunarungu kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kab. Gowa dapat ditingkatkan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 01:51
Last Modified: 18 Feb 2022 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22183

Actions (login required)

View Item View Item