PENGGUNAAN GEOBOARD DALAM PENGENALAN BANGUN DATAR PADA SISWA TUNA NETRA KELAS DASAR III SLB A YAPTI MAKASSAR

NURHIDAYAT (2022) PENGGUNAAN GEOBOARD DALAM PENGENALAN BANGUN DATAR PADA SISWA TUNA NETRA KELAS DASAR III SLB A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (36kB)
[img] Text
SAMPUL 2, LEMBAR PENGESAHAN DAN ABSTRAK.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB I,II,III,IVdan V.docx

Download (123kB)
[img] Text
INSTRUMEN PENELITIAN.docx

Download (42kB)
[img] Text
dokumntasi.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (52kB)
[img] Text
Jurnal.docx

Download (98kB)

Abstract

NURHIDAYAT, 2017. Penggunaan geoboard dalam pengenalan bangun datar pada Siswa Tunanetra Kelas III Di SLB-A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas III di SLB-A YAPTI Makassar mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika geometri pada pengenalan bangun datar. Rumusan masalah adalah “Bagaimana kemampuan mengenal geometri bangun datar pada mata pelajaran matematika peserta didik tunanetra kelas dasar III di SLB –A YAPTI Makassar sebelum menggunakan geoboard, Bagaimana kemampuan mengenal geometri bangun datar pada mata pelajaran matematika peserta didik tunanetra kelas dasar III di SLB –A YAPTI Makassar sesudah menggunakan geoboard ?, Apakah ada peningkatan kemampuan pengenalan geometri bangun datar pada mata pelajaran matematika peserta didik tunanetra kelas dasar III di SLB – A YAPTI Makassar sebelum dan sesudah menggunakan geoboard ?Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan mengenal geometri bangun datar pada mata pelajaran matematika peserta didik tunanetra kelas dasar III di SLB – A YAPTI Makassar sebelum menggunakan geoboard, Untuk mengetahui kemampuan mengenal geometri bangun datar pada mata pelajaran matematika peserta didik tunanetra kelas dasar III di SLB – A YAPTI Makassar sesudah menggunakan geoboard. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal geometri bangun datar pelajaran pada mata pelajaran matematika peserta didik tunanetra kelas dasar III di SLB – A YAPTI Makassar sebelum dan sesudah menggunakan geoboard. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penilitian deskriptif dengan desain one group pretest- postest design. Subyek penelitian adalah 2 orang siswa tunanetra total (blind) kelas III di SLB-A YAPTI Makassar.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes tertulis dan Dokumentasi. Data diolah dengan analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk grafik batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan bangun pada siswa tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar sebelum penggunaan geoboard, termasuk dalam kategori sangat kurang. Kemudian pengenalan bangun datar pada siswa tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar sesudah penggunaan geoboard, termasuk dalam kategori baik dan sangat baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan dalam penggunaan geoboard dalam pengenalan bangun datar pada siswa tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 01:15
Last Modified: 18 Feb 2022 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22180

Actions (login required)

View Item View Item