PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE CACICU FONIK CERIA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

FATMAWATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE CACICU FONIK CERIA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SKRIPSI FATMAWATI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL FATMAWATI.pdf

Download (347kB)

Abstract

Fatmawati , 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Cacicu Fonik Ceria Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Bastiana, M. Si dan Dra. Hj. St. Murni, M. Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa yang masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”1) Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan sebelum penerapan metode cacicu fonik ceria pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa? dan 2) Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan setelah penerapan metode cacicu fonik ceria pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa?.” Tujuan dalam penelitian ini adalah ”1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum penerapan metode cacicu fonik ceria pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa dan 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan setelah penerapan metode cacicu fonik ceria pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II Di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa pada tahun ajaran 2017/ 2018 sebanyak 3 orang murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes perbuatan yakni membaca huruf, suku kata dan kata. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran kemampuan mambaca murid tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ”1) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum penerapan metode cacicu fonik ceria menunjukkan kategori kurang mampu dan 2) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa setelah penerapan metode cacicu fonik ceria menunjukkan kategori mampu.”

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Feb 2022 05:59
Last Modified: 17 Feb 2022 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22167

Actions (login required)

View Item View Item